Tuesday, February 26, 2013

Belanja Online

Sejak di JPN, aku jadi lumayan sering belanja online. Tapi biarpun dibilang sering, itu juga setaun cuma beberapa kali karena aku lebih seneng dateng langsung buat cek keadaan barangnya setelah lirik-lirik dulu di websitenya. Cuma belakangan ini, karena sibuk kerja & ada beberapa kebutuhan yang penting, aku terpaksa belanja online walaupun agak deg-degan.

Kalau belanja online di Jepang, selama ini aku lihat memang ada harga ada rupa ya. Dan karena ada beberapa toko yang punya kolom testimoni, dari situ aku biasanya cek & ricek dulu sebelum mutusin buat beli. Jadi kalau ngga testimoni-nya, aku berusaha buat nyari alamat real shop nya atau dengan cara searching namanya di search engine buat ngeyakinin kalau ini toko bukan abal-abal dalam arti jualan barang palsu, jualan barang ngga sesuai foto(foto colongan) apalagi sampe nipu bawa lari duit pelanggan.

Dan sampai sekarang, pengalaman belanja di toko online Jepang, biasanya lancar-lancar aja. Aku hampir selalu puas karena pertama pembayarannya gampang, trus kadang-kadang kita bisa atur jam pengiriman kalau bayar lebih atau free, bisa dapet point, packingnya selalu RAPI dan yang jelas barang selalu cepat dikirim. Bahkan aku sempet gambling dengan beli barang yang agak cacat demi diskonan 70%, tapi memang udah ditunjukkin foto-foto bagian yang "cacat" itu dan memang sudah dijelasin kalau itu hampir ngga keliatan mata, kenyataannya... barang yang dateng jauh lebih bagus & aku ngga bisa nemuin bagian yg cacat itu dimana loh. Dan yang buat aku tambah terkesan waktu nerima card dengan tulisan tangan dari pihak tokonya yang menurut aku cute banget.

Jadi pengalaman belanja secara online selalu memuaskan sampai akhirnya mulai lirik-lirik toko-toko lain di luar Jepang. Dan aku kecewa.......... Ya memang sih, aku tau di beberapa negara sistemnya masih belum serapi di JPN yang mana antara company satu dan lain bisa di intregasi secara otomatis & rapi(misal : antara seller & pos/jasa distribusi). Tapi ada beberapa yang lebih parah dari sekedar masalah sistem. Ini mungkin karena lagi apes aja kali ya... *sebenernya aku males nulisin ttg toko yang satu ini, tapi aku ceritain kronologisnya deh....*

- Lokasi tokonya ada di negara tetangga RI tercinta, jualan baju, pemiliknya itu model gitu deh... Jadi aku dapet link tokonya dari web si model ini(yang mana modelnya banyak dipake toko2 sejenis juga)
- Aku beli 2pcs barang yang ga diskon(dimana toko tetangga dapet 3-4pcs), request minta dikirim semingguan lebih sesudahnya ke alamat lokal karena org yg mau dititipin lagi diluar kota.
- Rikues pakai Registered Postage(dapet nomer resi), supaya ga ilang jejak.

- Udah lewat dari tanggalnya...... barangnya ga dateng-dateng.
- Aku email nanya nasibnya begimane, kog ga ada perubahan status soalnya di web mereka.
- Dijawab begini : Sorry klo barang belum dikirim karena kita ngga ada fitur perhitungan kirim Intl. Jadi kemarin bayarannya kurang & kita udah kirim EMAIL buat minta tambah bayaran untuk ongkos ke JPN sekian dolar....
- Buru2 donk aku cek "My Account", apa aku salah refer alamat. Ternyata engga tuh, aku minta kirim ke alamat lokal kog, bukan ke JPN. Udah gitu aku cek email, search apa ada email dari mereka? Dan ga ada!..... Kesel donk aku ya merasa dibohongin, cuma aku masih maklumin ya mgkn karena lagi overload mau CNY jadi aku bilang donk kalau aku ga minta kirim ke JPN & aku ga ada terima email dari mereka.
- CS nya minta maap lagi & bilang klo udah dikirim ntar dia kasih tracking numbernya... *ini sehari sebelum Chinese New Year*

- Dan minggu lalu.... aku udah lupa ama orderanku itu sampe di WA-in iparnya si K "Barangmu kog belum dateng ya?"
- Aku email dunk ya ke tokonya minta tracking number & kabar barangku dengan kata2 "ramah" & berusaha sabar. Maklumlah waktu CNY mereka pasti sibuk & libur jadi mungkin kelupaan(aku tulis gitu).
- 2 hari ga dibales emailnya padahal hari kerja.
- Hari sabtu dgn agak2 "blackmail"... aku message ke page FB nya : tolong kasih kabar ttg pesenanku... Aku ga mau klo sampe terpaksa nulis "sesuatu" di page FB kalian.

- Baru dibales loh email & msg aku(ga pake lama).......... 
- Tapi tetep seakan-akan ada udang dibalik batu karena katanya : Paketnya kmrn dikembaliin karena ga ada yang nerima & ntar hari senin baru dikirim, jadi sekalian dikabarin ama tracking numbernya.

Di kira aku ini Geblek apa ya.............. Hari senin aku tungguin, pengen liat & aku reply emailnya sekalian. Trus tadi pagi aku juga cek Order History masih ga berubah & ga ada info shipping. Mgkn orangnya kesel kali ya ama aku soalnya aku bales gini : Aneh banget barang dikirim tapi ga kasih tracking number. Aku ini BAYAR lebih buat registered postage, jadi tolong deh lakuin yang seharusnya sesuai pesenan orang & aku harap abis ini aku bener2 dapetin no resi-ku. Jangan cuma manis dimulut karena kalian itu jual jasa, semoga ga terjadi di pelanggan lainnya.................. *kasih tanda senyum*

Sampe sekarang ga jelas nasibnya gimana........... cuma ini udah 3X aku berusaha ladenin dan kayanya aku ga bakal belanja lagi di toko ini. Bahkan lebih mending toko tetangganya, aku pesen baju yg jauh lebih murah dikirim free sampe ke Indo udah sampe dari kapan hari ga ada masalah.

Waktu cerita ama si K tentang isi email yg aneh2 itu, malah dijawab "Kan orang sono Ki*su2... jadi maklum2 aja lah~"........... Boleh maklum asal duit saya ga dibawa lari aja... :D

Tadinya aku pengen order lagi... tapi sekali aja cukuplah, capein aja....

Kalau kalian dikecewakan online shop, kalian bakal balik lagi buat belanja disana ngga? Trus kalau belanja online, yang kalian harepin dari tokonya apa?(packing yg manis, personal touch, bonus, diskonan tak terduga, kata2 manis dari yang jual)

9 comments:

  1. kalo aku sih jarang banget belanja di ol shop, karena tipe orang yg kudu liat barangnya dulu baru bisa beli... tapi ada beberapa kali beli, karena ga tahan juga liat barangnya plus harganya masuk di kantong hahahaha...

    yg pasti aku belanja di ol shop yg pemiliknya aku kenal... kalo ga kenal, biasanya takut, takut ditipu hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masalahnya di JPN kadang yg onlen jauh lebih murah dari yg di toko Mel :( sama persis pula.. makanya daripda nyesek bayar mahal kadang survey2 gitu sih, terutama di "rakuten". Tapi banyak jg yg ada toko realnya jadi mampir dulu liat2 baru beli online biar dapet bonus2.

      Emang serem ya takut ditipu, ini aja gw baru kali ini kena... keliatannya aja webnya bonafit bener tapi mengecewakan :(

      Delete
  2. Gw paling males belanja online sih Nge, karena apa yg kulihat tidak sama dengan apa yg aku terima..bahannya lah apanyalah..jadinya NO nO..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya sih ya... Klo baju tu susah sebenernya. Tapi ini krn kepepet juga sih. Duh tapi beneran agak2 kapok gara2 seller yg satu ini.

      Delete
  3. paling suka belanja online :p. Tapi ga mau kalau beli baju, trauma >.<. Kalau pengalaman buruk pernah sekali. Bukuku terlipat2 dan ada robekan di bukunya >.< pas terima paket, kertas cokelatnya uda sobek2.
    Kalau aku sih yg penting brg oke dan sampai dgn selamat ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya aku juga ga berani beli baju onlen.. Ini karena kepepet makanya nekat & kebetulan aja agak apes kali ya. Tapi memang biasanya, warna yang di foto itu beda sama aslinya.

      Iya ya..krn udah bayar, ya yang penting barang dateng dalam kondisi oke udah seneng ya :)

      Delete
  4. g lumayan sering belanja online. dulu lebih sering sih, skrg udah rada jarang.
    untungnya selama ini banyakan benernya daripada ga benernya.
    yg g suka itu klo olshopnya bales pertanyaan relatif cepet dan ramah cara jawabnya. Ga neror musti transfer cepet2 (as in dalam hitungan jam udah ditagih). packaging gitu sih ga gitu ngaruh, walopun ya seneng juga klo dapet kiriman dalem bentuk yg manis. tapi g yakin itu pasti somehow udah 'included' di jumlah yg kita bayar yaaa..hahahaha.

    yg gue sebel itu klo olshop udah kirim barang yg ga sesuai gambar, trus pas kita komplen, dia ga mo ngerti malah bilang klo emang barangnya kaya gitu, trus banyak alesan ini itu.
    klo udah kaya gini, ga akan gue balik balik lagi, mau barang dia sebagus apapun.

    sebaliknya ya klo gue udah belanja sekali di satu toko dan gue rada kecewa gitu sama barangnya karena ga sebagus bayangan, tapi klo servisnya oke dan selama kualitas barangnya masih acceptable, g masih bisa loh balik2 lagi.

    jadi mungkin gue lebih ke service-nya sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gw juga gila service na... Klo yg jual ga ramah, apalagi nyolot sih malesin ya..

      Tapi memang kudu jeli belanja onlen krn ada harga ada rupa lah, ga bisa ekspetasi sampe gimana gitu.

      Klo gw, berhubung orangnya suka yg ada personal touch kadang klo pas giliran gw yg jualan, berusaha buat packing sebaik2nya spy yg nerima jg seneng ya. Tapi ngga demikian dgn yg laen (contohnya enci gw aja cuek bebek aja klo peking ya masuk kantong, plester, kirim) lols... toh sama aja dibuang pikirnya hahahaha.

      Delete
  5. gue sih jarang banget shopping online, Nge. Karena gue kalo beli baju dll mesti gue cobain. Jadi belanja an online gue kebanyakan di Amazon (CD, e-book dll).
    Gue pernah beli dari jepang, bento box, puas sih, packing-an nya rapi. Gue sih yg paling penting barang nya betul, packing-an rapi, dan cepet nyampe nya.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...