Thursday, February 14, 2013

Happy Valentine's Day 2013


Happy Valentine's Day

Wah cepet banget ya tiba-tiba udah bulan Februari aja (btw yang bener Februari atau Febuari ya?). Ini Valentine ke 5 kali yang dirayain bareng si K, dan dari 5 kali Valentine mungkin cuma 3 aja yang ke-record di blog ini :

Valentine pertama kita... aku udah lupa hahahaha. Entah mungkin ada di blog yang lama, tapi di blog ini aku mulai nulis setelah bulan April jadi ngga inget deh. Trus untuk tahun 2010, hummm... ini pas waktu aku lagi berobat ke Indo, trus Valentinenya pas banget ama Chinese New Year. Tapi aku ngga ngerayain dua-duanya karena sehari sebelumnya Engkong aku passed away & 2010 memang jadi tahun terberat buat aku karena kehilangan beberapa orang yang aku sayang.

Dan tahun ini, aku sibuk banget, sampe ngga sempet survey resep dll tapi ngga afdol kalau Valentine tanpa yang namanya coklat ya. Akhirnya karena kemarin ini hari pertama Lent jadi aku ngga mungkin bikin coklat dan kawan2nya kemarin(tanpa diicip), sedangkan pas weekend aku sibuk banget juga ama bbrp jadwal termasuk bareng si K juga jadinya cuma sempet bikin pas Selasa malem deh. Tapi aku berusaha keep secret untuk tiap choco project yang aku bikin. Akhirnya aku minta tolong temen2 di FB buat ngasih kau ide resep2 dan senangnya jadi banyak inputan. Tapi karena waktu mefet dan desperado nyari bahan yang ada di JPN akhirnya ada 2 resep yang rencananya mau aku bikin Choco Brownies Stick ama 2 colors cheese stick. Tapi karena ga keburu waktu karena udah kemaleman & tepar, plus besoknya mau kerja juga akhirnya cuma jadi 1 resep aja yaitu si Choco Brownies Stick.

Sayangnya baking pan aku ternyata kekecilan jadinya ga bisa crunchy gitu hasilnya karena aku ngga nyadar juga sampe liat hasilnya kog tebel banget. Akhirnya aku potong kuenya biar lebih tipis baru aku bake lagi dan ampir gosong lols. Yang sisanya aku potong pake cookies cutter trus dihias pake choco pen. Buat yang mau resepnya ada disini, terjemahannya aku tulis dibawah ya :

Choco Brownies Stick
===================

Bahan :
4btr telur
180gr gula pasir

400gr hot cake mix
6sdm cocoa powder

160gr butter
140ml susu cair
100gr white chocolate
16biji almond

Ukuran loyang yang dipakai : 24cm x 32cm

Persiapan :
* Cairkan butter. (Bisa dengan microwave, 600w 1min)
* Potong white chocolate ukuran 1cm. (jangan terlalu halus supaya ada tekstur)
* Roast almond di oven 170℃ selama 10min atau di atas wajan tanpa minyak. Lalu cincang kasar.
* Taruh cooking sheet diatas loyang.
* Panaskan oven di suhu 180℃

Cara Membuat :
1. Dalam wadah yang cukup besar, campurkan gula dan telur lalu kocok sampai warnanya jadi keputihan atau lebih pucat.
2. Tambahkan butter yang sudah dilelehkan, lalu tambahkan susu dan aduk merata.
3. Ayak campuran tepung(hot mix & cocoa powder yang sudah dicampur) kedalam adonan kue sambil diaduk perlahan. Setelah adonan merata & tidak menggumpal, masukkan butiran white Choco dan almond lalu aduk sedikit lagi.
4. Tuang adonan kedalam loyang dan panggang dalam oven yang telah dipanaskan tadi selama 25min.
5. Setelah matang, taruh diatas wire rack lalu lepaskan cooking sheetnya. Dan dipotong 14 bagian atau sesuai dengan ukuran stick yang diinginkan.

Tambahan untuk icing : (ini aku ga cobain)
3sdm tepung gula
1sdt susu cair
* bisa tambahkan 2sdt kopi bubuk kalau suka
Campuran ini dipakai untuk dekorasi diatasnya jadi dibuat garis-garis dengan cara dituang tipis2 dengan sendok atau pakai pipe untuk dekorasi. Setelah kering baru dibungkus satu persatu (untuk hasilnya bisa dilihat di webnya langsung ya).

Sumber (ABC Cooking Studio)

PS : Buat Valentine kali ini, aku pengen berterima kasih sama Tuhan yang selalu sayang & kasih aku penghiburan & perlindungan, buat Mama untuk perhatian & cintanya sampe aku gede seperti sekarang, untuk saudara2ku yang udah sering aku bawelin juga & ngga lupa buat si K yang selama ini selalu sabar banget dalem ngadepin sifatku. Ngga lupa juga buat temen-temen yang lain... xoxo~

Buat yang punya cerita Valentine.. jangan lupa share link kalian di kolom komentar ya :D

14 comments:

  1. kapan yah g bisa cobain resep2 lo hahaha :) setiap tahun produk lo ga kalah ama yang di toko2 hahahaha ^^ pengennn~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pit, ntar pas lu udah punya rumah sendiri jangan lupa beli Oven yang bagusan biar awet trus mulai deh bikin2 kue hahaha...
      Eh ada resep yang pake teflon kuenya. Mau ga? tapi gw nih yang nerjemahin gempor hahaha *masih banyak ngutang* :D

      Delete
  2. dulu gua juga pernah bikin coklat tp bukan buat valentine, buat anniversary kalo ga salah... abis itu agak males bikin lagi, coklatnya berantakan kemana2... hahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha iya, awalnya tu bikin coklat tu perjuangan banget.. udah gitu abis dipikir2 kog ya jadinya lebih mahal daripada beli coklat ber-merk. Akhirnya ga lagi bikin praline2 gitu hahaha...

      Delete
  3. duh, coklatnya menggiurkan banget nge :))
    me sih ga bikin apa2 taon ini, tenggelem sama hingar bingar imlek :p, tonce malahan semalem kaget haah uda tgl 14, kok cepet amat? *brarti ga dpt bunga deh hahahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. mel, kamu mau ga itu dikulkasku sampe penuh banget... ternyata itu satu resep jadinya buanyakkk banget. mungkin bisa buat dua loyang ukuran kecil.... jadinya bbrp hari kedepan sarapan kue coklat mulu deh ni bakalan.

      Eh, kali aja si tonce pulang ntar bawa bunga kan bisa jadi juga ya hehehe :) *tetep optimis*

      Delete
  4. inge hatimu cakep2 sekaliii *comot 1* :)) gue tiap tahun lewatin valentine ga perna ada cerita apa2 cuma tetep selalu ngusahain bikin sesuatu buat si him2 dan rata2 gagal semua wakakakaka. happy valentine's day yahhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. huehuehue g apelu dicomot pi, gw kasih masih ada setengah loyang lols... banyak banget itu jadinya.
      Eh tapi puding pink lu manis kog piii hohoho :)

      Delete
  5. wah Inge! loe selalu kreatip banget deh....gue blm pernah bikin coklat sendiri, yg perlu kemantapan tangan buat ngehias. beli kartu aja ah.....hahahahahha.....*girlfriend yg malas*..
    Happy Valentine's day!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha ini juga mulai bikin2 setelah ke sini nan.. dulu jaman di Indo kayanya gw ga cocok maenan di dapur :P
      Udah beliin Lindt, Godiva atau coklat yang mahal2 aj nan, supaya ga diprotes.. klo yg ini kan bisa diprotes klo ga enak, jadi resiko juga hahaha

      Delete
  6. Inge,
    penasaran aja, bikin kuenya sampe jam berapa?
    hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. 9pm-11pm sambil pijet tangan karena pegel ngocok telur manual krn ga bisa pake mixer malem2 takut berisik :( Hari berikutnya baru di packing.

      btw siapa nih hehehe..

      Delete
  7. happy vals day nge...
    walopun g cerita di blog kalo g ga suka chocolate.. tp liat choco brownis lo jd pengen cobain nge hehe...
    asik ya punya panggangan gt.. g cm punya micro jd susah klo mo baked2..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ken, klo ga demen choco lu boleh dibikin rasa kopi kuenya hahaha...
      btw ada loh resep buat bake di microwave atau pake teflon, cuma klo microwave kudu beli wadahnya gitu semacem kotak plastik atau silicon cups. cepet jadinya cuma boros listrik & teksturnya kadang beda hehe.

      btw ngapain nih valentine ama yayang :D

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...