Friday, March 27, 2015

Istri bukanlah Raja

Photo Credit : Anas

Aku pengen cerita soal Seminar(acara bincang-bincang) yang aku ikutin bersama ibu-ibu Jepang hari Senin yang lalu. Seperti yang sudah aku ceritakan, kalau aku bisa ikutan seminar ini juga karena ngga sengaja. Jadi waktu itu seperti biasa aku ngider dijalan sambil dorongin stroller buat nungguin si baby bangun dari tidur siangnya. Sebenernya aku udah sampe dideket rumah, tapi karena tempatku ngga ada lift & ngga pengen bangunin si baby, jadi biasanya aku masih jalan-jalan terus sampe si baby bangun. Waktu itu ada ibu-ibu paruh baya yang naik sepeda & mau lewat dideketku. Tapi abis itu dia turun dari sepedanya minta ditunjukkin babyku dan akhirnya kita ngobrol.

Setelah ngobrol ngalor ngidul, dia bilang kalau dia ada circle di kantor pemerintah buat acara kumpul ibu-ibu. Lalu nawarin apa aku mau dateng sekalian ngobrol-ngobrol & kenalan dengan ibu-ibu yang lainnya. Berhubung kantor pemerintahnya itu beneran di seberang gedung tempat aku tinggal, aku mau-mau aja. Jadi abis itu kita tukeran kontak & dia janji buat ngasih tau jadwal pertemuan berikutnya. Sayangnya aku sempet ngga bisa pergi dua kali. Jadi Senin yang lalu itu pertama kalinya aku pergi.

Awalnya aku ngga ngerti ini acara apaan... Jangan-jangan ada kedok tersembunyi, jangan-jangan malah ditodong suruh jadi volunteer, atau jangan-jangan acara MLM kah? :) Tadinya hari itu udah mikir ngga jadi pergi karena kita berdua lagi sakit, tapi karena ngga enak udah janji & karena udah nolak dua kali, akhirnya aku pergi aja.

Hari itu mungkin ada 16orang ibu-ibu dengan anaknya masing-masing yang umurnya berkisar antara 0-3 tahun. Ibu yang ngajakkin aku juga dateng hari itu & dia bantu ngejagain anak-anak yang dititipin supaya ibunya bisa konsen dengerin seminar. Tapi baby R ngga aku titipin karena dia beneran nempel & ngga bisa digendong orang lain plus udah ngantuk juga karena jadwalnya tidur pagi. Jadi aku ajak aja ke ruang seminarnya & dia tidur digendongan.

Pembicaranya seorang ibu yang sudah sepuh. Dia cerita tentang bagaimana dia dulu ngebesarin anak 4 orang(di jpn ngga ada maid ya). Pengalaman yang berhasil ataupun juga gagal dia sharing kan. Trus sampai ke point utama dari seminar hari itu yang intinya "keluarga bahagia = anak yang bahagia". Tapi keluarga bahagia itu dimulainya dari mana.... ya dari hubungan antara suami dengan istri, baru anak bisa merasakan ada cinta(dikasihi) karena contoh pertamanya ada didalam keluarga.

Jadi ngga mungkin kita mau bilang ke anak kita :
* Jangan bertindak kasar/berantem : kalau ternyata suami atau istri masih kasar terhadap pasangan.
* Dengarkan orang tuamu : kalau ternyata orang tuanya sendiri ngga pernah saling mendengarkan.
* Hormati orang tuamu/orang lain/ orang yang lebih tua : kalau kita sebagai istri ngga menghormati suami & sebaliknya suami juga ngga menghargai istrinya.
.
.
.
dan sebagainya.

Anak itu CERMIN dari orang tuanya(dalam konteks orang yang paling dekat dengan mereka). Jadi kalau anak berbuat hal yang tidak menyenangkan, bisa jadi itu pengaruh dari orang-orang yang terdekat dengan mereka. Karena anak-anak itu pada dasarnya polos banget & dia akan meniru apa aja yang dilihat atau didengar dalam proses belajarnya. Makanya dibilang umur 0-3 atau 0-5 atau mungkin 0-masuk SD itu masa yang paling penting buat anak-anak tersebut.

Jadi sebelum berusaha mengarahkan anak supaya begini atau begitu, harus lihat kembali posisi kita sendiri sebagai orang tua atau pasangan.

Kebetulan karena seminar ini khusus ibu-ibu, jadinya lebih banyak sudut pandang dari sisi ibu & apa yang ibu bisa perbuat supaya keluarga jadi bahagia... Kata kuncinya kan cuma "Rukun dengan suami". Tapi macam mana ya bisa rukun dengan suami kalau ada aja hal yang bikin kita kesel, ditambah pekerjaan sebagai ibu rumah tangga itu non stop & capek banget, sedangkan suami terkadang sampe kerumah malah leha-leha naruh baju kotor sembarangan atau malah pulang telat asyik pergi nongkrong dulu bareng temen kantor atau belanja barang-barang hobi yang ngga penting, dan A-Z lainnya daftar ketidakpuasan istri terhadap suami, yang mana daftarnya bakan makin panjang setelah punya anak.

Kalau inget dulu, aku kesel banget waktu mertua bilang jangan ganggu tidur suami dengan suara tangisan bayi karena dia sudah capek kerja dikantor, karena menurut aku kalau baby nangis ya bapaknya juga harus peka donk(apalagi kalau istrinya capek).... sekarang setelah ikutan seminar ini aku jadi mikir udah durhaka banget karena marah sama mertua karena diomongin begitu. Disini kita dimotivasi kalau jadi ibu itu harus kuat & tegar, karena setelah melahirkan anak otomatis seorang wanita itu langsung naik kelas & hidupnya berubah setelah merasakan sakitnya melahirkan(yang mana rasa sakitnya itu sebenernya ngga bisa ditahan oleh seorang laki-laki sekalipun, jadi cuma wanita yang bisa). Sedangkan hidup laki-laki ngga ada yang berubah, jadi kalau kita sebagai istri ngoceh ngalor ngidul marahin suami supaya dia berubah ya dia ngga bakal berubah. 

Tapi karena ibu sudah naik kelas & bapak masih tinggal kelas *huraay hahaha* :D sebagai wanita jadi sering ngerasa ngga puas, pengennya suami lebih perhatian, bantuin ngurusin anak, jangan terlalu lama diluar tapi kalau bisa penghasilannya aja yang makin gede, yang mana kalau semua minta diturutin ya impossible banget. Akhirnya istri bakal semakin uring-uringan karena suami ngga memenuhi harapan yang dia inginkan. Lalu setelah istri uring-uringan, suami jadi males pulang kerumah dan optionnya cuma dua(ini klo aku ngga salah inget) yaitu antara kelayapan diluar atau main perempuan.

Jadi sebagai istri terutama yang tidak bekerja diluar tapi bekerja didalam rumah, sebaiknya berusaha sebisa mungkin supaya kerukunan itu bisa tetep ada. Jadi mau ngga mau ya ngalah sih, tapi demi kebaikan semua. Biarpun kita harus kerja double ngeberesin barang suami & anak yang berantakan ya ngga apa-apa. Trus ada 4 salam yang juga penting :
1. Selamat Pagi
2. Hantar suami pergi kerja(sampai ke depan pintu)
3. Selamat Datang
4. Terima kasih hari ini karena sudah bekerja keras(walaupun mungkin ngga keras hahaha)

Untuk anak juga harus terus diingetin keberadaan Bapak yang mungkin jarang ada dirumah. Kita harus ingetin kalau Bapaknya adalah kepala rumah tangga, jadi semua harus hormat. Cara paling simple dimulai dari hal kecil seperti waktu ngambilin makanan, mulai dari ambilin bagian Bapak, Ibu lalu anak. Kesannya kolot banget ya? Aku juga mikir begitu, tapi karena aturan dari keluarga yang seperti ini, waktu anak diluar rumah dia akan berusaha respek terhadap orang yang lebih tua atau orang sekelilingnya. Dia jadi belajar bahwa lingkungan sosial itu ada susunannya & ngga bisa seenak udel kita mau jadi yang utama sedangkan orang lain cuma boleh ikutin aturannya dia.

Selain itu juga biasanya ibu-ibu yang bertugas buat nemenin anak belanja kebutuhan mereka. Kadang kalau anak ditanya "Siapa yang beliin?" pasti jawabnya selalu mama. Padahal sebenernya yang dipake adalah uang hasil kerja papanya, tapi papanya ngga pernah disebut. Disini posisi ibu yang harus menjelaskan & terus-terusan buat ingetin ke anak kalau dia harus berterima kasih ke papanya karena sudah bekerja keras jadi dia bisa beli barang yang diinginkan.

Selain itu sebagai istri, kita harus menjunjung suami. Berat memang, apalagi kalau ternyata ngga ada yang bisa kita banggakan dari suami. Tapi tetep harus dijunjung dan dihargai & cari cara supaya para suami bisa bener-bener dewasa secara mental(jangan disetir istri terus). Kenapa suami harus dijunjung? Soalnya kalau menurut ibu-ibu Jepang yang senior, kita ngga pernah tau bagaimana suami kita kerja diluar. Bisa jadi pekerjaannya begitu berat sampai dia harus banyak merendah(membungkuk atau menghormat) terhadap orang lain diluar sana. Misal : Bawahannya ngga beres tapi atasannya/kliennya killer, jadi yang ditengah harus tanggung jawab semua hal. Jadi begitu sampai dirumah, biarkan mereka ngerasa dihargai tanpa harus membungkuk-bungkuk(terhadap istri) seperti diluaran.

Kalau begitu ntar bakalan makin ngelunjak donk para suami nindes istri?.... Pembicaranya sih optimis kalau semua dilakuin demi niat yang baik, ngga akan sia-sia. Karena beberapa contoh orang yang sudah berusaha buat nerapin hal ini justru nunjukkin hasil yang bagus. Suami yang bahagia, akan lebih semangat kerja dan lebih produktif, selain itu(butuh waktu mungkin, tapi) mereka akan liat perjuangan istrinya & menghargainya, jadi jangan pernah berhenti. Sedangkan anak-anak juga otomatis akan melihat langsung perjuangan ibunya karena ibu & anak lebih banyak menghabiskan waktu bersama.

Lalu buat ibu-ibu yang harus kerja extra keras demi suami & anak ini, bagaimana supaya ngga stress? Disitulah mereka ngajakkin buat dateng ke seminar ini lagi buat saling sharing & membantu. Bahkan kalau ada hal yang bener-bener membebani, kita boleh curhat terus ke orang yang ngajak kita dateng ke seminar ini. Karena dengan menumpahkan unek-unek, hati bisa sedikit lebih plong... trus dimotivasi lagi buat rukun-rukun dengan suami, melayani keluarga dengan tulus, dsb, jadi sedikit diingatkan lagi peran sebagai istri/ibu.

Sebenernya masih ada hal lainnya yang mungkin aku ngga inget jadi ngga bisa tulis terlalu detail, tapi setelah ikutan seminar ini, aku jadi punya komitmen untuk ngelakuin 4 salam itu & ngga terlalu perduli(stress) kalau suami kayanya menambah kerjaan rumah tanggaku, juga harus berusaha buat menghargai & merhatiin suami lebih daripada anak dan termasuk ngga ngomel-ngomel yang ngga perlu dengan alasan "cape ngurusin rumah & anak".

Mari kita lihat progresnya sebulan kedepan ya *sambil ngitungin rambut putih yang tumbuh*.....

17 comments:

  1. dulu aku juga suka ngomel loh kalo anak nangis dia molor... tapi lama2 aku mikir, dia kerja pergi pagi pulang malem kan juga buat anak istri... lagian aku masih bisa bobo siang, sementara dia mana bisa hahahaha... jadi ya udahlah kalo anak nangis dia masih tidur pules hahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gw ada saatnya jg gitu mel... Keselnya itu udah sampe diubun2. Tapi ya gitu, ada hal yg ga bisa diubah tapi kita bisa cari cara spy hal sepele jgn sampe gede... Krn ada yg lebih penting dr itu.

      Delete
  2. Ngeee... somehow kalo baca soal gimana kesetaraan gender di Jepang, a huge question mark always come to my head. Kalau gue baca semua penjelasan elu gue brasa effort besarnya itu adanya di Ibu dan ayah cm dpt bagian kecil. Kesannya tanggung jawab pengaturan rumah tangga semua ada di ibu termasuk soal perkemvangan anak2 semua juga tugas ibu. Soal ngambilin makanan harus ayah duluan supaya belajar tingkatan society jg menunjukkan kalau yg paling atas itu tetaplah ayah, sementara ayah di sini kl gue baca dr awal mostly tugasnya cari duit thok. Knp gak ksh nasi ke ibu dulu? Bahkan kalau sampai si ayah gak happy dan cari pelarian, salahnya ada di si ibu juga. Hadeh hadeh hadeh... gue ga bs bilang diri gue feminis. Tp batin agak bergejolak jg.

    Seminarnya itu kayaknya bukan mengangkat derajat ibu2 sih tp lebih ke arah comforting ibu2 kalo tugasnya ya emang sudah seharusnya spt itu, deal with it. Jd lbh ke arah support group untuk menerima kenyataan soal posisi perempuan n tanggung jawabnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Le, mgkn gw kurang kali ya nulis ya.. Krn emang panjang banget & gw ga terlalu ada waktu jabarin semua.

      Jd mgkn ini buat gampangnya lebih berlaku buat IRT kali ya. Karena mereka berharap lebih banyak ibu yg mau berusaha meluangkan waktu demi anak & keluarga termasuk buat mencegah perceraian & masalah single parents yg udah ampir ga bisa di stop lg disini. Dan buat IRT gmn solusinya supay bisa tetep support suami(yg mgkn pas2an) supaya bisa maju sehingga ngga perlu dua2 bekerja, jadi anak ada yg mendampingi & urusan rumah jg beres.

      Gw setuju dengan lu... Gw sendiri bukan org yg ngerasa wanita itu perlu dinomer duakan. Ngga ada yg nomer dua disini tapi yg mereka maksudin knp ambil nasi dulu buat bapak baru ibu... Ya kalau dikeluarga lain sifatnya terbalik ya gpp juga.. Kebetulan aja krn dijpn itu patrilinial.. Jadi klo dirumah ada kakek nenek ya mereka lebih dulu. Tujuannya apa? Supaya anak bisa ngerti kalau ngga selalu dia yg hrs diutamakan krn dia jg harus sadar dengan keadaan sekeliling juga ada orang2 lainnya. Kalo ngga begitu mereka akan jadi egois & susah bersabar atau menahan diri.

      Trus mungkin ada bbrp budaya di jpn yg jg gw ga bisa tulis detail ya, semacem semua gaji suami itu istri yg pegang klo disini. Jd cukup ga cukup sbnrnya istri berkuasa banget krn dia bisa tentuin berapa uang jajan suami & makanannya...di tv sering gw liat klo nenek2 itu makan klo siang ngga ada suami lebih mewah, sedang suami dikasih diskonan atau sisa2 aja hehehe...

      Tapi memang iya, groupnya untuk support sekaligus buat konsultasi gitu sih & memang ga semua org mungkin bisa terima ya :) gw baru ikut sekali, let see gimana kelanjutannya ya.

      Delete
  3. duh ini nampar banget nge.. kebetulan gue abis ngoceh2 ama pewe soalnya dia ninggalin gue ama anak2 keluar kota padahal kondisinya di rumah lagi ga ada pembantu trus semua pada sakit.
    tapi bos nya dia maksa klo dia harus pergi. jadi ya gue ngoceh2 deh.

    trus gue juga ga pernah nganterin dia ke depan pintu klo mo kerja.
    ini udah dari kenny masih kecil.. dulu tiap pagi dia masih "tega" bangunin gue buat pamit (gue klo pagi2 suka mati suri soalnya), tapi lama2 dia ga tega lagi bangunin gue cuma buat pamit dan akhirnya lama2 biasa deh klo gue bangun, laki udah pergi.
    sekarang lebih2. malah dia yang bangun pagi trus ke pasar. cariin sarapan sama kadang nitip bahan2 buat makanan ian.
    kadang udah pulang rumah malem2 masih kudu bantuin ngemong anak pula.
    dan klo gue lagi cape banget kena juga gue jutekin.

    kasian ya laki gue. huhuhuhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kadang krn terbiasa kita jd ngga sadar na...

      Gw jg gitu. Makanya pas kmrn jg dibilangin gini : bikah karena cinta... Tapi trus knp waktu udah ada anak malah banyak banget keluh kesah ngga puasnya?

      Jadi supaya ngga masalahin hal yg nga perlu gt, perlu ada penyaluran. Krn sebenernya yg bikin stress ibu2 klo gw baca adtikel jpn itu cuma krn masalah "banyak hal yg pengen kita lakuin tapi ngga bisa kita lakuin", karena ada yg nempel kemana2 hehehe...

      Semangat y na. Di inget2 aja buat sayang2 suami :)

      Delete
  4. Nice share nge, tp gue jg setuju sm komen leony sih. Kyknya itu cm semacem comfort aja buat para ibu2. Sebagian gue setuju tapi sebagian lagi kok rasanya hati kecil menolak huahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah yg mana pi hehehe... Sesuaikan dengan hati nurani & kondisi pribadi aja klo gt... :)

      Delete
  5. inge.. aku suka foto nya :)
    eniwei.. me merasa pas baca sharing ini langsung kebayang, duh iya klo di jepang kan pekerja itu sama bos nya " nunduk banget ", sama customer juga " nunduk " banget.. me sempet mikir, mereka apa gak tertekan ya? Nyokap tipenya gitu juga nge, ga pernah ngeluh n pokoknya urusan rumah tangga dia ga mau repotin bokap.. bokap sih tetep deket sama kita karena pada dasarnya dia emang family person, tapi ya ada kadangkala, nyokap cape banget, karena uda terbiasa semua nyokap yg beresin, bokap jadi kurang peka gitu, duduk aja santai gak turun tangan, mesti kita minta tolong dulu baru gerak. me gak nyalahin, karena itu kebiasaan sih dari awal merid. Sedangkan me n tonce dari awal merid tonce sukarela bantuin, misalnya me masak dia yang cuci piring, dan me syukur banget dia pengertian. Nah baca sharing u kok jadi merasa mellow huhuhu iya ya dia udah capek2 kerja pulang pun masih mau bantuin istri..

    menurut me, acara seminarnya, cocok untuk ingetin lagi kaum istri untuk saling sharing, kan kita kalo curhat agak plong ya.. meredam ego, maksudnya i know mungkin ada yang 'terpaksa' jadi IRT padahal masih mau karir so bisa uring-uringan dan malah rumah tangga jadi gak enak kan.. Jadi penasaran, ada seminar buat kaum bapake nya gak ya? hehehe ya supaya ingetin untuk lebih menghargai istri2 juga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ada istri yg tipe sabar bngt me.. Tp ada jg yg tipe Ngomelin suami atau malah sebaliknya diomelin jg. Jadi disitu ada macem2 tipe mereka sharing nyari solusinya jg sih..

      Gw lupa nulis jg klo istri ga salah minta bantuan suami, tapi ya itu ada caranya juga. Soalnya klo kaya gw gini, kadang udah capek seharian begitu suami pulang kadang muka gw jutek banget & pengennya langsung menumpahkan unek2... Nah itu mgkn krg oke, krn suami capek begitu pintu rumah dibuka bukan ketenangan yg didapet tapi teror malahan.. Jadi kita disuruh nahan diri, sambut suami dgn senyum.. Ntar klo diany udah relax baru ajak diskusi atau minta tolong. Jd segala sesuatu itu jg harus diskusi bareng, ngga segala sesuatu dipasrahin istri juga. Jadi yang bikin kalian rukun deh klo bisa...

      Ngga tau but bapk2 ada atau engga hehehe

      Delete
  6. Bagus juga ada seminar gitu ya Nge, keywordnya yang gua tangkap dari seminar itu sih keikhlasan. Kalau kita ngelakuin apa aja dengan ikhlas pasti happy. Terus yang menurut gua penting juga adalah komunikasi antara suami istri. Pernah baca surat dari seorang suami untuk istri? Gua lupa baca di mana, kalau kasus surat ini, dia selalu melihat istrinya sibuk banget, urusin rumah supaya rapi bersih kinclong, makanan sehat bergizi, anak-anak terurus dan gak gangguin suaminya, Setiap suaminya minta istrinya duduk sesaat, nemenin ngobrol, nemenin makan, istrinya menolak karena masih sibuk. Dalam hati dia merasa cara dia nunjukin cinta adalah melalui kerja kerasnya itu yang tak henti2 (jadi ingat kisah Marta dan Maria). Sementara sang suami merasa sedih dan lonely karena istrinya yang periang, humoris dan teman bicara yang baik sudah hilang. Dalam hati si suami cuma bisa bilang lebih baik lantai bernoda, kamar berantakan tapi aku melihat senyum ceriamu saat kita duduk saling bercerita tentang hari ini.

    Kadang kita suka asumsi kita udah ngelakuin yang terbaik buat pasangan dan rumah tangga tapi ternyata yang dibutuhkan beda. Dan kalau gak diutarakan sama-sama merasa semakin frustrasi dan semakin tidak puas dengan pasangannya. Terus mungkin perbedaan budaya juga ya, kalau memang sdh dilahirkan di Jepang mungkin sdh terbiasa dengan budaya spt itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya.. Aku pernah baca juga & pernah dikirimin suami juga. Tapi klo buat disini emang aplikasinya susah karena beneran segala sesuatu harus kita kerjain sendiri, jadi tetep aja pasti rumah berantakan & makin parah klo numpuk... Itu juga mancing stress sih karena suami pulang jadi ngga nyaman.. Jadi dicariin solusinya jg sih.. Trus kaya misalnya siang jg disaranin tidur aja bentar supaya malem bangun nunggu suami pulang & nemenin makan dll(disini biasa pd sampe rumah jam 9 keatas sampe tengah malem soalnya). Ini kdg aj aku suka kesel krn ngerasa kerjaan jd double & makin malem tdrnya krn hrs beresin jg abis itu hehe..

      Memang kadang yg kita pikirin itu belum tentu sama ya dengan yg dipikirin suami. Aku jg kadang gitu sih, jadi disaranin buat berembuk selalu buat nanya pendapat suami.

      Mereka sih intinya cm rukun dgn suami & klo stress atau cape bngt boleh minta tolong jg, jd jgn sampe marah2 krn anak2 bakal kena efeknya jg.

      Delete
  7. nice share walo kek na bertentangan nih ama kehidupan, g... sendiri ga minta jadi raja atau ratu sih, cuma kadang sebenarnya g ngarep suami ngerti aja... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi kadang ada yg ngga bisa dimengerti kaum pria pit hehehe...
      Sabar ya semangat ;)

      Delete
  8. Ada yg gue setuju ada yg gak, nge. Gue setuju dengan ngucapin selamat pagi/nyambut suami pas pulang kerja, nyokap gue pun pernah nasehatin untuk gak menyambut suami dengan nagging atau cembetutan...walau kadang kejadian juga sih sekali dua kali...hahahaha...dan jangan juga nagging pas doi lagi makan...hahahaha....ntar aja pas dia udah kenyang...

    Gue sih berpedoman "what if I am in his shoes"....kebetulan suami gue setipe ama suami nya Aina, jadi kita saling mengisi dan mengambil beban/tugas yg mesti dikerjain. Misalnya gue yg saat ini masih bangun tengah malem, selain karena ASI dan juga karena gue masih cuti hamil.
    Tapi suami bakal bangun pagi buat nyiapin sarapan dan masak lunch gue. Ngemong anak juga supaya gue bisa tidur 1 jam lebih lama.
    Intinya sih kita menganut prinsip "sama sama capek"..hahahha...dia seharian kerja di kantor dan kita seharian ngasuh anak. Jadi begitu kita berdua di rumah, sebisa mungkin kita ngerjain 50/50. Kalo dia kasih susu anak, gue yg bersihin dapur: atau kalo dia masak lunch, ya gue yg ganti popok.

    Yg gue gak setuju dengan seminar ini (dan general ibu ibu jepang), kesannya harus mengorbankan diri demi kerukunan rumah tangga, yg mana rumah tangga ini terdiri dari 2 org (suami dan istri), jadi kalo si istri mikirin ttg si suami, siapa yg bakal mikirin ttg si istri? Dan juga kalo emang frustasi / ada issue, bukannya lebih baik diomongin berdua dan dicari solusinya daripada curhat ke org lain? Support dari sesama ibu ibu memang penting, tapi bukan support untuk mengemban semua sendiri dan nrimo.

    Sorry jadi panjang komen nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nancy... setiap pasangan itu ngga semua problemnya sama. Dan ngga semua suami atau istri bisa diajak kompromi pasangannya. Karena misal nih, ada yang udah diomongin 1000x supaya naruh baju kotor di keranjang cucian, tetep aja ngga dilakuin sedangkan misalnya pasangannya tipe senewenan klo serba ngga rapi... Nah ini bisa memancing keributan klo terus2an begitu, yang mana sebenernya ngga perlu(cukup ambil itu cucian daripada seharian bete). Jadi kadang forumnya itu cuma buat wadah sekedar menumpahkan unek2 aja karena terkadang kalau udah sharing gitu bebannya jadi berkurang, hasrat pengen ngedumel juga jadi lenyap & pengen buat lebih mengasihi pasangannya.

      Jadi kalau misal seperti lu & suami, udah saling klop dan bisa saling mengisi, ya mungkin ngga perlu kumpul2 seperti ini kali ya :) dan itu harus disyukuri banget loh...^^

      Delete
  9. ada sisi positifnya sih seminar ini, karena toh kita ga bisa ngerubah orang lain jadi yang pertama dirubah ya diri sendiri. cuma memang ga mudah diterapkan, at least kalo buat gw untuk bisa terus-terusan ngalah tuh kayaknya ga bisa dech..

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...