Wednesday, July 1, 2015

MPASI - Part 2 (8-9mo)


Ini masa-masa perjuangan ngasih makan. Mungkin karena anaknya udah mulai bosen ama yang encer2 & agak hambar. Trus aku juga mulai nambahin porsi makannya jadi dua kali sehari setelah 8 bulanan(karena pada protes katanya makananannya baby R kedikitan). Tapi ngasih makannya ya repot banget karena anaknya lebih banyak ngamuknya klo dikasih bubur, kecuali makan buah. Tapi bapaknya yang protes kalau anaknya dikasih stroberi mulu, katanya jadi bau parfume stroberi(bikin pusing) hahaha.

Akhirnya anaknya mau makan lagi setelah buburnya diganti roti atau pasta. Untuk pasta ini, aku cemplungin aja semua sayuran, daging cincang dmasak pake tomat & buah2an(apel, stroberi), supaya ada rasa, plus taburan keju juga kalau perlu. Kalau pasta dia doyan banget, jadi hampir 2-3mingguan dia makan pasta mulu dengan macem2 variasi.

Untuk stik wortel itu... dia ga bisa makan biarpun yang lembek juga... Yang ada kekumpul dimulut trus dilepeh plus ngamuk2.

Semua masakannya rata-rata aku tim pake steamer di microwave, trus dicampur aja sesuai kebutuhan. Bikinnya sekalian banyak trus di frozen. Jadi kaya ikan salmon, taruh di steamer panasin 2min trus potong2 & dibungkus pake plastik wrap, masukkin ke kantong kedap udara lalu dibekuin. Kapan butuhnya baru dipanasin(untuk yang laen seperti sayuran juga kurang lebih sama).

Trus bulan-bulan ini juga, baby R mulai banyak makan protein dari tahu, ikan, daging. Supaya ngga sembelit dicampur buah yang agak kasar & sayuran juga. Trus yang dibikin bola2 itu maksudnya supaya gampang aku nyedokkinya(karena nasi jpn lengket banget) & dia juga bisa ambil makan sendiri kalo dia mau. Paling manjur buat nyetor itu kalo makan jeruk(tapi harus ama kulit dalemnya klo bisa karena ini yang paling bikin manjur)

Masa-masa ini, baby R beneran susah makan & ngga mau ngicipin juga. Jadi dia bakal merem sambil geleng2 kalo ada sendok diarahin ke mulutnya. Jadi salah satu trik supaya mau ngicipin dengan makanannya ditaruh didepan dia & biarin dia ngambil sendiri pake tangan supaya tau dulu rasanya. Kalau dia udah demen baru dibantu dengan sendok.

Abis biasa dengan makan 2kali sehari, lanjut jadi 3kali sehari plus asi. Selain itu aku jarang banget kasih snack karena ngga pengen dia kebiasaan makan yang begituan kecuali pas diluar rumah aja. Dan kebetulan pas penyuluhan juga udah dibilangin klo makanan ringan itu ngga dibutuhin sebenernya. Jadi makanan ringannya ya asi aja. Dan jadwal 3 kali ini harus strict banget supaya dia punya ritme yang teratur. Lumayan berat buat aku karena banyak molor atau kelewatnya.

4 comments:

  1. maemnya baby R enak2 banget yah wakakaka... Zio juga lagi masanya susah makan, dia makan tapi habis itu muntah, karena dia maksa nelen lol... jadi ini cari2 makanan lain deh! agak susah sih... soalnya kudu cari yang bisa masuk freezer

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngga jg pit...
      Zio belum makan kaya org gede ya? Gw lagi berjuang supaya dia bisa cepet makan kaya mama papanya jd gw ga repot masak dobel hahaha.
      Sebenernya ampir semua makanan bisa pit di freezer ntar tinggal dianget pake kukusan atau microwave gt praktis

      Delete
  2. jayden sejak umur 7 bulan makannya uda 3x plus 1x buah, bedanya sama baby R, jayden makan buahnya susah banget hahahaha... kalo bubur sih, asal ada beras putihnya apa aja dia mau hahahaha..l

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cepet ya mel... Gw awal2 3x itu ngerasa rempong banget krn jadi kudu nyuapin 3x, beresin 3x, ganti popok 3x bahkan mandiin jg hahah...
      Buah nya cb aja disuruh makan sendiri, klo baby R buah dia makan sendiri, ga suk disuapin.

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...