Wednesday, July 29, 2015

Nano Nano Japan - 26 (Musim Panas = Makanan Dingin)


Dulu waktu masih di Indonesia, aku punya pemikiran kalau makanan(makan nasi) itu ya sudah sewajarnya yang hangat atau biasa-biasa. Jadi kalau denger, makan nasi yang dingin kog rasanya agak aneh & susah untuk dibayangkan. Karena biasanya makanan yang dingin itu identik dengan salad, makanan pencuci mulut atau mungkin minuman, misalnya rujak atau es teler.

Tapi sejak tinggal di JPN, makanan yang dimakan jadi makin bervariasi & kadang diluar bayangan aku. Ada beberapa makanan yang dulunya aku ngga terlalu bisa makan seperti kare & sushi atau mungkin juga natto, tapi sekarang masih bisa ditoleransi. Apalagi sejak mulai masak sendiri jadi lebih sering eksperimen dengan bumbu instan disini.

Satu hal yang aku sempet heran waktu dulu.... kenapa orang JPN kog suka banget makan yang dingin-dingin kalau musim panas. Ya mungkin jawabannya sih seimple aja karena panas. Tapi kita yang tinggal di Indonesia aja ngga makan mie atau bakso pake es batu biarpun cuaca panas sekali(plus makannnya diwarung kaki lima yang ngga ada ACnya), tapi yang ada malah ditambah sambel pula. Mungkin kalau di Indonesia abang-abang Mie ayam jualan Mie nya dikasih es batu, bisa-bisa gerobaknya di jungkir balikkan ama pembelinya.

Tapi disini, bisa jadi Mie ayam pake es batu kalau dijual dimusim panas bakal laris banget. Mungkin buat yang pernah dateng kesini waktu musim panas bisa sedikit tau kalau pas pesen udon/soba. Karena biasanya bakal ditanyain mau "hot atau cold"? Tapi biarpun ada yang panas ama dingin, bukan berarti dua menu itu cuma beda dari segi panas atau dinginnya...karena orang JPN kadang pikirannya suka ngga simple :P Biasanya dari cara penyajian, rasa atau makanan pendampingnya juga beda. Karena kalau kita pikir2 juga, apa rasanya kuah udon yang kadang ada lemak/minyak dari daging kalau seandainya dingin? Jadi biasanya bakal keliatan beda banget walaupun sama-sama pesen Udon/Soba.

Selain itu mereka juga suka makan nasi yang disiram teh dingin(kalau musim dingin disiram teh anget). Topingnya bisa suka-suka kita aja, mulai dari nori, furikake(abon ala JPN) atau mungkin telor, daging & bawang. Jadi bener2 freestyle deh. Sedangkan tehnya itu juga bisa teh ijo atau teh biasa yang dijual botolan(teh JPN umunya ngga pake gula).

Paling booming kalau summer itu pada suka makan soumen, yang sebenernya mirip2 ama misoa. Ini biasanya direbus trus dibilas ama air plus es batu. Makannya sambil dicocol mentsuyu(semacem kecap asin). Rasanya lumayan ringan & enak, karena beda dengan makan ramen. Selain itu mereka juga ada budaya nagashi somen, jadi ada bambu disusun kaya talang aer dari tempat tinggi kerendah, dialirin aer trus ntar soumennya ditaruh disana supaya meluncur kebawah. Ntar orang2 udah nungguin diujung bawah buat nangkepin soumennya...makanya disebut nagashi soumen atau soumen yang mengalir.

Selain makanan yang udah aku sebutin itu, sebenernya masih banyak lagi model makanan dingin yang kayanya ngga mungkin dimakan kalau di Indo, misal jelly sayuran dingin, soup sayuran dingin, oden dingin, chawan mushi dingin, dll... Jadi kalau seandainya ke JPN, boleh nyobain buat makan yang dingin2 selain es krim, atau minumannya karena biasanya ada special menu khusus summer yang cuma dijual waktu musim ini aja. Kalau aku tentu saja suka yang ada ice cream nya, seperti ini :


10 comments:

  1. Di sini juga jual kok Soba dingin. Tapi kalau udon belum pernah sih Nge. Dan di sini tempat terkenal macem Sushi Tei aja rasa sobanya brantakan. Entah deh karena salah bumbu atau karena salah koki. Gue sih yakin, di sana itu pilihan makanan cuma ada 2, enak atau enak sekali. Hahahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang ngga enak juga ada kog le.... biasa yg level B ada b-kyuu gourmet, karena lebih mentingin kuantitas hehehe cuma kadang2 ada yang lumayan sih.

      Delete
  2. Hai inge.. kayaknya ini komen pertama ya walau bukan kunjungan pertama. hehe
    oya aku mo tanya dong, kenapa waktu aku kesana bulan November, pasti dapat minuman dingin yang pake es batu banyak banget.. atau tergantung jenis makanan ya? soalnya klo makan yoshinoya dapetnya teh panas tp klo makan ramen dikasih air es. hihi..
    lain kali kalau aku ke jepang lagi, aku colek ya..
    salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mungkin tergantung resto ama makanannya... Tapi klo kita minta yg panas pasti dikasih kog & GRATIS. Kadang kalo kita makan ditempat tertentu, pas udah selesai makan masih lanjut ngobrol suka disuguhin teh anget.... ntah buat ngusir atau biar enjoy hehehe.
      Iya, boleh kog ;)
      Salam balik~

      Delete
  3. gw udah cobain soba dingin dan emang bener rasanya aneh karena ga terbiasa hahhaaa... kalo nasi dingin mungkin sama kayak makan onigiri yang ditaro di chiller?

    ReplyDelete
    Replies
    1. onigiri jg dingin... tapi klo yang nasi siram teh dingin itu, kaya apa yaaa...susah juga jelasinnya hahaha. Mungkin kaya makan nasi pake kuah bakso yang dingin. :P

      Delete
  4. gw pernah coba tuh soba dingin disini. Isinya ya soba sama kuah polos ajah. Gw bingung sih apa enaknya hahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enaknya susah dijelaskan hahaha... kayanya tergantung sobanya ama kuahnya. Tapi klo gw juga males makan itu doang krn pasti bosen, jadi pasti milih side dish kaya tempura gitu. Klo org jpn, bisa mereka makan gitu doang & banyak banget.

      Delete
  5. boleh tuh nge jual bakso pake es HOHOHO .. sekalian minumnya teh botol!
    dijamin laris manisssssssssssssssss :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang beli ngamuk gil hahaha.. adanya juga bakso panas ama es campur. :D

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...