Friday, February 18, 2011

Sepeda dan Aku

Aku pengen cerita pengalamanku dengan sepeda. Aku pertama kali bisa naik sepeda mungkin sekitar TK atau SD. Itu awal-awalnya juga karena aku yang kepo ini ngiri ama Cc aku yg dikasih sepeda BMX. Padahal aku belum bisa tuh naek sepeda roda dua, tapi tetep aja aku "pinjem"(dgn paksa) sepedanya trus aku dudukin & jalaninnya bukan digenjot tapi jalan kaki :p Akhirnya sepeda itu dari yang awalnya memang roda 4 lama-lama dilepas jadi roda 3 trus roda 2.

Begitu udah masuk SD, lagi-lagi aku ngiri lagi ama cc aku karena di dikasih sepeda merk P*lygon yang gede. Aku juga pengen sepeda gede tapi aku ga pernah minta sih ke papa mama, jadi lagi2 adeknya yang kepo ini sukanya menguasai sepeda si Cc & Cc ku itu baek hati dia ngalah naik sepeda yang lebih buluk bahkan sepeda onthel. Sampe suatu hari papaku pulang bawa sepeda merk yg sama cuma jauh lebih bagus trus katanya boleh aku pake juga(langsung tak anggep hak milik loh). Wah seneng banget pokoknya, apalagi emang sepeda itu paling bagus & sampe sekarangpun masih bagus banget.

Jadi sering banget kalo pergi eskul atau kesana kemari pake sepeda itu termasuk bisa ikutan lomba sepeda hias, sepeda pelan, sepeda gembira termasuk jalan-jalan ama temen ke daerah sawah2 gitu. Tapi aku juga sering banget jatuh & luka-luka gara2 jumping di perosotan deket gudang, nabrak batu, nabrak spion mobil orang, dll. Tapi yang aku inget, waktu itu ada gebetan kakak kelas yang ceritanya mau sok becanda trus mainin bel sepeda aku eh malah akhirnya rusak. Trus dia dateng tu kerumah buat ngasih gantinya dengan yang bagus & sampe sekarang masih dipake. Sayangnya hubungan kita ga selanggeng hubungan si bel dengan si sepeda LOL (apaan coba :p)

Lulus SD aku pindah provinsi pindah pulau gotong royong ama si Cc. Trus papa mama ngirimin si sepeda buat nemenin kita diperantauan. Jd awal-awal SMP aku naek sepeda ke sekolah trus pulangnya kelayapan juga ama temen-temen cowo naek sepeda sampe kelapangan bola & tempat pemancingan(bener2 anak nongkrong). Pas itu anak cewe jarang-jarang juga dikasih naek sepeda ama ortunya makanya temen kelayapanku cowo semua plus tampangnya nakal2 :p. Tp yang aku inget banget soal naik sepeda jaman SMP itu cuma dua : keujanan ama pelecehan.

Jadi aku sering banget pas naek sepeda trus bressssss ujan gede banget & terpaksa ujan-ujanan. Terutama kalo pas pergi les Matematika di rumah ibu J. Rumahnya tu jauh, & bus ga ada yang langsung lewat. Kadang baru aja setengah jalan aku keujanan trus terpaksa pulang lagi & akhirnya lama2 aku males pergi les kesana. Padahal ibu J ini guru terhebat sepanjang masa, tapi sayang muridnya ini pemalas. Tapi berhubung dia udah di wanti2 si mom buat mendidik anaknya, dia bener2 baek banget ama cc aku, aku & si dd biarpun aku paling rekor bolosnya.

Trus soal pelecehan, ini yang sempet bikin aku berenti naek sepeda. Aku dilecehin dijalan ama orang ga berotak atau mungkin gila(penyakitan). Kalo cuma dicuit2, dikatain c*na, atau dikata-katain yang menyinggung bagian tubuh si gpp yak krn bisa dianggep angin lalu, tapi yang ini tu udah kelewatan lah krn udah termasuk penggerepean. Sintingnya tu orang yang sama2 naik sepeda lenggang kangkung santai gitu aja karena mungkin dikira aku anak ingusan. Kukejer lah sambil kuteriakin isi kebun binatang & maki2. Trus dia baru ketakutan & mulai kabur sampe akhirnya ga kekejer akhirnya aku nangis dipojokan gang dkt sekolah ga berenti-berenti smape dikelas karena emosi jiwa. Tapi aku ga pernah cerita ke papa mama atau guru karena pas ditanyain bilangnya "jatuh" atau apalah. Tapi temen-temenku yang cowo pada baek banget krn abis itu sempet dijagain tp akhirnya aku jadi jarang naek sepeda. Apalagi karena jaman SMA udah mulai sok gengsi(sifatku yg paling jelek pas jaman dulu) karena pada naek motor, tapi aku ga punya duit beli motor jadinya naik bus aja deh.

Akhirnya sepeda itu nganggur trus dikirim balik ke rumah. Jadi pas mudik aja dipake, tapi sering diliatin aneh ama tetangga karena anak cewe mondar mandir naek sepeda. Tapi memang karena dirumah kita ga ada mobil & motor juga terbatas jadi mampunya ya cuma naek sepeda sedangkan mungkin buat orang lain lebih mending naek angkot daripada panas-panasan.

Sekarang sejak di JPN, aku ngga lagi ngeliat sepeda seperti transport murahan & gengsi buat dipake. Soalnya banyak banget yang naek sepeda & ga cuma sekedar itu aja. Mereka dandan modis pake high heels bawa tas LV juga naek sepeda dan jangan dikira sepedanya murah, banyak juga yang harganya lebih mahal dari skuter terutama kalo yang nangkring dipinggiran Shibuya. Sampe-sampe sepedanya kudu digembok segede gaban biar ga digondol maling :p

Aku juga sejak tahun lalu dapet Charinko, istilah buat sepeda gede biasa yang ada keranjang itu. Dapetnya dari temen yang mudik ke Indo trus sepedanya dihibahkan gratis ke aku. Sebenernya udah ada orang lain yang mau tapi berhubung jauh akhirnya si K berbaek hati ambilin & anter(ngegenjot) sepeda itu sampe kerumah aku. Dan sekarang tiap hari dipake 6km naik turun bukit buat ke stasiun.

Tapi jangan dikira aku aman dalam bersepeda. Jujur keseimbangan badan aku tu jelek + suka ngelamun ditambah suka buru2(ngebut). Udah beberapa kali ampir jatuh sampe akhirnya beberapa bulan yang lalu jatuh beneran kenceng banget, gara-gara ngebut dijalanan basah. Kaki aku memar gede banget sampe sebulan lebih plus siku lecet dalem banget & berbekas. Padahal waktu itu lagi pake winter coat tapi tetep aja bisa luka. Akhirnya sejak itu jadi agak-agak trauma & lebih hati-hati.

Sekian perjalanan dengan si sepeda-sepeda ini. Lain kali aku foto-fotoin si sepeda2 sepanjang masa ini.

5 comments:

  1. nge, emang ya resiko kalo ada pelecehan gitu. jangankan naek sepeda, jalan kaki aja bisa digituin :( gara2 kaya gitu, tiap pagi gw dianterin bokap gw pake motor sampe tempat gw nunggu bus

    btw, jaman2 naek sepeda, ud lama nih ga naek sepeda lagi. dulu pas awal2 gw juga sering jatoh, lutut kiri kanan ud luka2 semua. ud gitu kaki gw pernah masuk ke jari2 sepeda, dijait deh. sampe skrg masih ada bekas jaitan nya hihi..bukti kenakalan gw waktu kecil deh

    ReplyDelete
  2. yupe... gw jalan jg pernah kena colek kog cin. Makanya gw jd org yg parnoan skrg & pasti dikit2 nengok kalo dijalan searah, pasti lebih milih jalan berlawanan arah plus mepet bagian dalem trotoar klo perlu :p

    Hahaha...kaki gw juga ancur banget cin kebanyakan terjun bebas pas kecil^^

    ReplyDelete
  3. heheheh.. soal iri mengiri, jaman SD ak iri jg sm tmnku yg pake sepeda pol*gon itu. Keren keliatannya ya ci =p trus gengsi mau pake sepeda keranjang krna pd pake federal smpe2 maksa pake punya mami, ketinggian jd susah genjotnya =p

    soal pelecehan udah sering keknya yah, kl lg disiulin pgn rasanya ngelempar barang ke tu orang. hihihihi... untungnya blom pernah (amit2) sampe tahap penggrepean..=D

    ReplyDelete
  4. Memang kalo di indo emang rawan pelecehan nya,..g sampe sekarang juga gitu Nge, walaupun di singapore, kalo jalan tempat sepi ada org jalan dari arah berlawanan atau jalan di belakang gue, pasti gue "aware" banget. Pasti udah mulai pegang barang2 yg bisa jadi senjata; kunci/payung.
    Tapi pengalaman gitu jadi bikin kita "street smart" sih.

    ReplyDelete
  5. @Nee : hahaha iya sama nyebutnya sepeda keranjang, padahal disini skrg justru sepeda keranjang tu penting krn buat bawa belanjaan :D

    Wah klo hal yg itu dah ampun2 dah diindo, otaknya udah didengkul pada ga bisa nahan diri padahal ngeliat cewe pake baju utuh loh bukan yg aneh2...

    @nomad girl : kadang mikir street smart, cuma tetep aja klo pas apes ketemu orgil mau gimana lagi ya :) Mungkin kudu bawa spion jalannya hehehe.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...