Wednesday, June 6, 2012

Musim Hujan

Kalau orang bilang di Jepang itu ada 4 musim, buat aku di Jepang itu ada 6 musim. Jadi selain musim panas, gugur, dingin & semi, masih ada 2 musim lagi yaitu musim hujan ama musim taifu. Musim hujan biasanya jatuh disekitar bulan mei atau Juni menjelang datangnya musim panas. Kalau sudah musim hujan, bakal hujannnn terus-terusan & jarang cerahnya. Sampe cape deh ngeliatin ramalan cuaca kalau harus bawa payung atau jemur baju diluar.

Dulu aku kira, yang namanya musim hujan itu cuma ada di Indonesia sana. Jadi seneng-seneng aja waktu ke sini karena aku ngebayangin setahun tanpa musim hujan kayanya asyik juga ngga pake acara becek dijalan. Tapi ternyata aku salah..... dimana-mana juga ujan pasti ada, apalagi di dareah kepulauan. Dan aku sempet sebel karena frekuensi hujan di sini juga lumayan sering & sepanjang tahun bok ada ujannya. Yang paling ngga enak itu hujan kalau pas winter, karena dingin & ngga enak kalau sampe basah kena hujan karena pakai bajunya berlapis-lapis.

Nah kalau musim hujan menjelang summer, biasanya disebut tsuyu. Biasanya pas musim hujan begini, bunga-bunga tropis mulai pada mekar nih. Yang paling terkenal itu Ajisai/Hydrangea. Pasti sekarang banyak banget Ajisai yang lagi mekar terutama di sekitaran Imperial Palace.

Kalau sudah musim hujan, rumah mulai kerasa lembab & makin lembab pas musim panas nanti. Jadi kadang-kadang harus nyiapin penyerap lembab(macam kotak cap gajah itu kalau di Indo), buat ditaruh di kamar atau didalem lemari supaya bajunya ngga jamuran.

Cewe-cewe di sini, biasanya pada pake rain boots kalau hujan. Dulu waktu pertama kali ngeliat tren ini, aku sempet ngebayanginnya boots para tukang listrik/pekerja proyek itu loh. Tapi emang modelnya begitu, biasa dipakai sampai kelutut tapi ngga terlalu lebar & masih kelihatan stylish. Bagus sih buat dicontoh buat cewe-cewe jakarta yang sering kebanjiran daripada pakai sendal jepit malah kadang susah jalannya karena nyangkut-nyangkut.

Kalau musim hujan, kereta juga sering telat. Bukan karena keretanya yang kebanjiran atau macet, tapi karena orang-orangnya jadi serba ribet kalau pas hujan karena kadang mau masuk kereta harus tutup payung dulu, atur-atur posisi supaya ga basah, dll. Selain itu pasti banyak payung yang ketinggalan di dalem kereta, terutama kalau digantung di dekat tiang pegangan. Yang lucu, kadang di beberapa stasiun payung-payung yang ditinggalin itu dikumpulin trus ditaruh di 1 tempat. Jadi kalau pas hujan kita ga bawa payung, boleh ambil payung yang ditaruh itu & dikembalikan lagi kapan-kapan. Sayangnya distasiun deket rumah aku payungnya cuma sedikit, jadi sudah pasti habis kalau jamnya pulang kantor.

Payung yang paling banyak dijual di sini, sudha pasti payung transparan yang sering dilihat di pilem-pilem dorama Jepang. Aku rasa dulu payung ini dibikin supaya yang make bisa ngeliat kedepan dengan jelas walaupun ketutupan payung. Bagus juga sih idenya :D Biasanya untuk anak-anak, yang dibuat versi warna-warni & bergambar gitu, trus yang dibikin transparan hanya 1ruas saja.

Do You like rainy day?.......

PS : musim hujan seperti ini mungkin mirip dengan April Showers walaupun bulannya meleset :p
"April showers bring May flowers"

6 comments:

  1. gue sih suka hujan sih asal jgn banjir aja, jkt gitu loh :)) rasanya di jepang kok semua kliatan bagus ya nge hehehe payung transparan aja kliatannya bagus gituu

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha.. banjir emang bikin repot ya :)
      Di Jpn semua keliatan bagus karena ternyata budaya mereka dari jaman behula itu udah begitu... Kemaren gw abis nonton acara tipi tentang simulasi keadaan jaman Edo di JPN & salut banget karena pemikirannya udah jauh kedepan banget.

      Delete
  2. klo pitshu sih udah ga perlu di tanya yah suka ujan atau enggak wakakakka :) rainy day never say goodbye, kirim2 ujan pleaseeee~

    ReplyDelete
    Replies
    1. waakakaka iya, kalo lu sih ga perlu ditanya ya udah pasti jawabannya :D

      Delete
  3. gua juga suka ujan...tapi kalo di jakarta, kalo bisa sih ujannya menjelang jam tidur... hahahaha... kalo jam pulang kantor, bukan cuma banjir, tapi juga macet parah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya... ujan asal ga banjir sebenernya asik-asik aja ya...
      Coba jakarta bisa bebas banjir :)

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...