Tuesday, July 3, 2012

Nano Nano Japan - 19 (Tachigui - Makan Berdiri)

Entah karena kekurangan lahan, atau kekurangan dana untuk beli kursi, di JPN banyak sekali Restoran yang tanpa kursi atau dengan kata lain disebut Tachigui(立ち食い-makan berdiri). Seperti gambar dibawah ini :


Aku sih kayanya sampe sekarang belum pernah deh kayanya makan sambil berdiri gini kecuali yang memang ngga ada mejanya sekalian jadi makannya sambil dijalan gitu hahaha. Tapi ngerasain makan sushi ama ramen ga pake kursi pegel juga kali ya? Malah mungkin bikin ga pengen makan lama/banyak kali ya.

Tapi memang Tachigui ini dimaksudkan untuk efisiensi tempat dan waktu. Jadi dikala jam sibuk seperti diwaktu makan siang atau makan malam, tamunya bisa disuruh berdiri rapet2 buat makan supaya ga makan space :P Lagipula karena ngga dikasih kursi jadinya ngga nongkrong terlalu lama deh disana buat ngobrol-ngobrol. Biasanya Tempat yang macam begini itu untuk makan fast food ala Jepang macam Gyuudon, Soba, Ramen, Udon dan juga sushi.

TAPI, ada juga yang emang ga pake kursi tapi bisa nongkrong lama & juga selalu banyak orang.... nah kalau yang ini tipenya Tachinomiya(立ち飲み屋) bar atau pub gitu lah. jadi mereka sambil minum bir, makan snack, sambil ngobrol sambil nonton tipi gitu. Atau bisa juga kedai-kedai yang jualan sate plus minuman & biasanya banyak ditemuin di gang2 kecil. Nah ini ternyata ga cuma cowo loh yang suka nongkrong disana sehabis kerja, karena sebenernya banyak cewe-cewe juga yang kadang2 aku liat lagi minum sambil ngobrol-ngobrol di kedai2 sate ini. Jadi buat orang yang males bengong dirumah & pengen nyari temen biasanya pada kesini tuh buat nonton pertandingan baseball bareng atau apalah gitu. Kadang kalau pegel ada sih kursi cuma ga banyak aja beda dengan yang toko ramen atau soba itu yang bener2 ga ada kursinya sama sekali.

Buat yang penasaran, cobain deh klo ke JPN :D

PS : di JPN klo makan sambil jalan di jalanan gitu kesannya amat sangat tidak sopan. Sedangkan aku sendiri klo dah laper kadang hajar aja makan roti dijalan sambil dilirikin banyak orang LOL. Dulu malah ada temen orang malay yg kalo pagi2 pas berangkat kerja pasti keluar rumah dengan toast nempel dimulut sambil lari2 ngejer bus.

10 comments:

  1. ga pegel apa ya makan sambil berdiri gitu hahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayanya engga klo makannya cuma 5min. mereka makan tuh cepet banget soalnya klo pas jam2 sibuk hahaha

      Delete
  2. "pagi2 pas berangkat kerja pasti keluar rumah dengan toast nempel dimulut sambil lari2 ngejer bus" << jd inget nobita / komik2 jepang.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini mel ama melissa yg diatas lain ya.. suka salah klo kebanyakan yg mirip2 namanya :D
      Nah, klo anak sekolahan banyak emang yg klo kepepet makan sambil naek sepeda atau lari gitu hahaha cuma pasti dibilangin ga sopan, ga sopan :D

      Delete
  3. Wah, pasti di restoran gituan nggak sambil menikmati makannya :D

    Memang beda orientasi budayanya yang dikejar. Di sana waktu dipakai seefisien mungkin, sedangkan di Indo waktu dipakai untuk menjalin koneksi. Makanya di Indo biasa makan di restoran sambil duduk-duduk sembari ngobrol.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini buat yg fast food & fast eat ceritanya hahahaha... Soalnya klo jam lunch itu emang ada beberapa spot yg rame banget jd mereka cuma makan 5min doank. Tapi klo malem pas minum2 sih boleh lama2 tp kadang cm dikasih wkt 2jam doank klo pas rame.

      Delete
  4. hi salam kenal!
    tinggal di jepang ya, keren banget.. i love jap food (err tp yg mateng doank) hehehe.. ngga dikasi kursi spy ga nongkrong terlalu lama haha bagus sekali idenya.. di jepang time is money sih ya hehe..
    met kenal ya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai :D
      Iya, klo untuk ditempat yg emang sempit banget kadang mereka ga kasih kursi sekalian supaya tamunya cepet gantiannya hahaha :D

      Delete
  5. Hi :) just saw ur blog today and found it really interesting! If you dont mind i would like to link your blog to my blog's reading list.

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks for dropping by!
      okay, i'll link you back :)

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...