Wednesday, July 11, 2012

Photo Editor [Aviary, PicMonkey, Picasa]

Minggu lalu, Aina sempet nanya tentang Photo Editor yang aku pake buat edit foto-foto di blog & udah sempet aku jawab langsung di twitter. Sebenernya ada banyak editor yang udah aku cobain & biasanya sih pemakaiannya tergantung mood aja sebenernya. Trus aku ada kebiasaan kalau udah kecantol ama satu tool, aku pasti bakal pake tool itu terus dalam jangka waktu agak lama sampe ada tool lain yang lebih user friendly atau lebih ringan buat dipake. Kadang malah aku suka ketinggalan tool terbaru karena memang ngga terlalu update ama apa yang baru diluaran, kecuali kalau udah mentok banget, misalnya tool yang aku pake ga bisa support editan sesuai yang aku mau lagi, baru deh aku mulai coba2 cari info di internet. So Far, 3 tool yang aku sebut ini udah lebih dari cukup sih untuk mempercantik foto-foto di blog. Editornya Free, ngga seperti si sotosop yang mencekik kantong ya :P Jadi buat ngurangi dosa bajak membajak software, boleh deh beralih ke versi yang free ini :)

1. Aviary
Sebenernya mereka ngga cuma bikin photo editor, tapi ada tools lainnya juga semacem edit suara, screen capture tool, dll. Menarik sih buat dicoba, tapi mungkin agak berat kalau koneksi internetnya ngga gitu bagus :) List tools yang mereka buat bisa diliat di Aviary Tools. dan buat yang pengen edit-edit gambar yang agak njelimet macam sotosop, boleh pake Image editornya. Ini web based, tapi bisa ngutak ngatik gambar dari yang simple sampe njlimet. Cuma mungkin featurenya ga sampe lengkap banget kaya sotosop ya, tapi udah cukup buat yang gratisan :) Ada tutorialnya juga loh!

Ini temennya si Picnik, sama seperti si Aviary, web base juga jadi butuh koneksi internet yang memadai. Tapi lebih ke click and done klo buat aku istilahnya hahaha. Soalnya sementara ini blum bisa layer & masking yang aneh2/njlimet, walaupun fungsi ini ya ngga penting2 amat sih buat aku karena jarang kau pake. Jadi sebenernya lebih banyak make picmonkey buat tone yang lucu-lucu aja. Aku sih suka ama fungsi collagenya. Sayangnya ga ada gridnya atau buat lock templatenya, cuma ada fungsi buat ganti size ama lock size keseluruhan, jadi bisa jadi ga simetris(sedangkan aku orgnya perfeksionis banget). So far, masih pada free semua featurenya, walaupun ada kemungkinan ngga lama lagi bagian yang ada gambar monyet2nya itu bakalan jadi bebayar kaya si picnik dulu.

Hasil editan dengan PicMonkey

3. Picasa
Ini sih udah pada tau lah ya, bisa dipake offline jadi ngga perlu koneksi internet. Integrated ama blogger juga, jadi bisa edit gambar yang udah terlanjur di publish(replace/edit). Featurenya yang sekarang juga udah lumayan banyak karena mengadaptasi dari si Picnik juga. Tapi sayangnya feature advance ama collagenya masih agak kurang. Aku sih berharap banget suatu hari mereka punya fungsi Curve macam di sotosop atau Picnik dulu. Trus bagus juga ternyata karena bisa buat ngedit file RAW langsung sekalian convert ke Jpeg.

Nah sekilas aja ya itu reviewnya :) Karena aku bukan expert dalam hal beginian, jadi daripada salah-salah kata hahaha. Dan kalau ditanya aku paling suka yang mana? Agak susah buat dijawab karena yang satu pelengkap buat yang lainnya sih ya. Jadi kadang aku kalau butuh cepet, editnya di Picasa trus bikin Collagenya di PicMonkey. Jadi kaya begitu sih kira2.

Kalau ada yang punya info editor lainnya, boleh di share disini juga ya~ terutama yang free.

8 comments:

  1. kalo mau semacam sotosop hehehe yang free namanya gimp, bisa tuh dicoba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. blum pernah nyobain gimp, ntar boleh deh coba aku liat..thanks :)
      ada paint.net juga sebenernya.

      Delete
  2. gua jarang pake photo editor, biasa make sotosop :D tapi pernah nyoba yg pic monkey, filter foto nya bagus2 yahh... efisien banget kl pake ginian sekali klik langsung jadi bagus. Trs bikin colase foto jg ga usa capek2 kayak di sotosop hahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. :D iya skrg banyak yg efisien sih, cuma kadang ga semua feature bisa memuaskan ya. Sampe skrg blum pake sotosop lagi nih sejka ganti OS.

      Delete
  3. Lah emang kenapa sama perangkat Potosop standar alias Adobe Photoshop? Itu keknya udah smeua-muanya ada deh. Aku ngga pernah pake yang lain selain itu. Bikin bingung hehehe. Trus tool-toolnya juga gampang banget dapetinnya. Tinggal google dan ketik jenisnya mau apa aja, langsung deh dapet.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya sebenernya gpp sih pake Sotosop :) yang aku tulis disini semuanya editor yang free jadi ga perlu beli yg mahal atau mungkin bajak membajak gitu maksudnya krn tau donk harganya Sotosop ini termasuk yang pricey(banget)? Eniwei emang pake google gampang buat dapetin macem2, cuma sebentar lagi di JPN aturan udah mulai lebih strict lagi soal pembajakan & download mendownload, jadi mungkin aku harus mulai pindah juga ke tool yg free. Gitu sih kira2...

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...