Thursday, August 8, 2013

Matcha Chiffon Cake(1)

Bahan :
3 kuning telor
30gr gula
2tbsp minyak sayur
40cc air
-----------------------
 70gr tepung terigu
1tsp baking soda
2tsp matcha
-----------------------
 3 putih telur
40gr gula

Notes : 
3butir telor pisahkan kuning & putihnya.
1tbsp = 15cc
1tsp = 5cc


Cara Membuat :
1. Campur tepung, baking soda dan matcha lalu diayak.
2. Mixer kuning telor dan gula sampai pucat. Tambahkan minyak sayur lalu aduk dengan spatula. Terakhir tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk.
3. Masukan campuran tepung sambil diayak kedalam no [2]
4. Diwadah yang berbeda mixer putih telur sambil ditambahkan gula, sampai mengembang dan berbusa.
5. Tambahkan adonan putih telur ke adonan no [2] sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai merata.
6. Panaskan oven dengan suhu 180℃. Tuang adonan kedalam loyang atau wadah cupcakes lalu panggang selama kurang lebih 20min.


-----------------------------------------------
Akhir-akhir ini kalau lagi iseng aku coba nyari resep yang gampang buat dibikin pas sore-sore sekalian jadi cemilan. Dan akhirnya kesampaian buat nyobain kue bolu matcha juga. Menurut aku yang ini hasilnya manis banget, mungkin karena buat temen minum teh kali ya. Trus ini kenapa kog dipisah putih ama kuningnya? Itu dulu ada sih diajarin istilahnya cuma aku lupa saking banyaknya istilah hahaha...... Beberapa tips, supaya kuning & putih gampang dipisah biasanya pilih yang masih fresh telornya atau yang baru dikeluarin dari kulkas :P Trus sebelum dibake jangan lupa ditepuk2 loyangnya supaya buih2 udaranya pecah jadi hasilnya mulus. Biasa kalau abis mixer dengan high speed, diakhiri dengan yang low speed buat ngalusin adonannya. Trus ini kalau ngga punya matcha, ganti aja pake bubuk teh yang udah dialusin, jadi ngga harus teh ijo soalnya matcha yang aku pake juga ga keliatan ijo banget. 

Sekian kesotoyan kali ini soal kue2an, moga2 ada yang berhasil nyobain juga ;)

PS : Orang jepang ngga ada yang minum teh ijo pake gula, tapi kenapa orang asing lebih suka kalo minum teh ijo pake gula ya? Klo aku sih demen yang ga pake gula :D


0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...