Monday, August 19, 2013

Nano Nano Japan - 21 (Kimono atau Yukata)

Mungkin semua orang udah pada tau ya kalau pakaian tradisional Jepang itu Kimono. Jadi ibaratnya seperti kalau pas make kebaya, kimono ini juga umunya ngga dipakai tiap hari. Jaman sekarang yang pakai Kimono tiap hari itu mirip-mirip lah kaya ibu2 kelas "menengah keatas"(yang memang kebiasaan dari dulu pakai Kimono atau ada kewajiban buat make) atau yang memang lagi tugas atau ada acara penting jadi harus pakai Kimono. Jadi biasanya kita bakal ketemu orang yang pakai Kimono kalau di pertokoan yang memang formal banget atau berbau tradisional Jepang trus diacara kawinan atau acara-acara penting gitu deh biarpun dijalan kadang ya ketemu juga sih.

Tapi masalahnya Kimono ini makenya ngga gampang plus berlapis-lapis. Aku sih ngga mau jelasin tentang sejarahnya atau cara makenya karena ribet banget, makanya salut kalau ngeliat ada ibu2 yang bisa pakai Kimono tiap hari. Cuma yang jelas, Kimono ini kadang2 udah seperti harta warisan yang bisa dikasih turun-temurun gitu jadi bisa disayang banget dan dipake berpuluh-puluh tahun. Treatmentnya sendiri ya sudah tentu luar biasa juga.

Aku sendiri sampai sekarang belum pernah ngerasain pakai Kimono, kalaupun beli juga rasanya sayang banget karena mahal sekali. Jadi sampai sekarang cuma kesampean make Yukata. Yukata ini summer editionnya Kimono ceritanya. Jadi kebayang kalau jaman dulu mau pakai Kimono dimusim panas sambil kerja rasa-rasanya ngga mungkin banget karena tebelnya itu(berlapis-lapis). Kalau yukata ini lebih ringan & tipis, tapi karena itu ngga mungkin buat dipakai dimusim lain selain musim panas. Tapi jangan dikira pakai Yukata juga gampang ya, karena sebenernya ada triknya juga. Mungkin buat orang yang ngga ngerti mereka bakal pakai & ngiket tali pinggangnya(Obi) dengan sesuka hati. Padahal sebenernya, sama seperti step2 untuk pakai Kimono itu ada beberapa step waktu makai Yukata yang penting banget cuma kadang di skip saking ribetnya, seperti naruh beberapa lembar handuk, karton atau clear file untuk penyangga, dll Supaya hasilnya kelihatan perfect. Maksudnya perfect disini, postur tubuh yang makai kelihatan bagus, bajunya rapi(semua garis seterikaan harus lurus), ngga cepet buyar iketannya sekaligus bisa buat nahan keringet.

Nah tentu aja ya trik diatas itu cuma bisa dipelajari kalau kita punya kenalan orang Jepang yang "kuwashii"(ngerti banget) atau bisa juga dengan pergi kursus atau belajar. Kadang-kadang di balai kota gitu suka ada pelajaran tentang budaya gini. Aku sih belum pernah ikutan tapi temenku yang orang Jepang sendiri pergi buat sekedar belajar make Yukata & Kimono, padahal sebenernya dia udah bisa loh. Oh ya kenapa bisa buat nahan keringet, karena bagian dada itu diiket kenceng banget, dikasih peyangga & pake obi juga, jadi entah gimana otomatis bagian badan yang keatas itu jadinya ngga terlalu keringetan atau bahkan ga keringetan biarpun kaki kebawah udah banjir saking panasnya :)

Btw kenapa aku nulis soal ginian.......... karena aku lagi kepikiran pengen pake Kimono trus jalan-jalan di Old Town. Tapi sayangnya sekarang masih musimnya Yukata & masih panas banget. Kalau Yukata sendiri sih udah sering, tapi namanya cewe kadang suka cepet bosenan. Jadi waktu dulu beli Yukata sempet mikirnya bakal lebih "hemat" supaya bisa dipake tiap pergi nonton Hanabi(fireworks). Tapi abis sekali pake, jadi ngerasa bosen.... alesannya KLISE banget : Masa tiap kali nonton & dari tahun ke tahun bajunya itu melulu(ngga seru donk fotonya) hahaha. Trus sempet makenya dengan tuker2an ama temen, cuma karena sekarang ini temen cewenya udah banyak yang pada mudik jadi agak susah juga. Trus ngga mungkin juga donk tiap taun beli, lemariya aja udah ga muat. Akhirnya aku survey-survey ternyata lebih baik nyewa aja. Dan itu udah ngga perlu pusing melintir buat makenya karena bisa request buat dipakein segala plus buat nyuci & seterikanya jg ga pusing.

Jadi jangan heran ya kalau jalan-jalan ke temple di Kyoto misalnya banyak cewe imut2 beryukata... itu kadang2 sebenernya bukan orang sini loh :P Turis2 tu suka salah kaprah trus difoto2in gitu, padahal setelah aku perhatiin ternyata ngomongnya bahasa negara tetangga. Oh ya, itu juga kalau mau dibikin ala cemong2 bermuka putih itu juga bisa. Yang penting pas jalan2 diem aja jangan ngomong pasti jadi artis mendadak klo dandan ala maiko di Kiyomizudera gitu :P Tapi klo summer emang banyak yang pake Yukata berkeliaran, sebenernya itu ga cuma buat pergi nonton Hanabi, tapi juga karena ada beberapa tempat nongkrong(taman bermain, cruise, resto, dll) yang ngasih diskon atau bahkan nge-gratis-in buat mereka yang dateng dengan make Yukata.

Balik ke soal Kimono, aku kan pengen make trus jalan-jalan di Old Town tapi kalau sendirian sih malu jadi maunya ajak si K barengan trus kita bawa kelinci yang bisa disewa. Ini lebay banget ya ngebayanginnya, tapi di Asakusa ada yang nyewain Kelinci buat diajak jalan-jalan gitu(link). Jadi kayanya lucu aja.... cuma udah pasti si K ngga bakal mau nih, soalnya pake Yukata atau Jimbe aja ogah dianya  :D

Buat yang rencana mau ke Tokyo & pengen nyari tempat nyewa Kimono atau Yukata buat dipake jalan, ini ada beberapa link tempat rental nya.

Yukata :

Kimono :
Asakusa Shichi Henka : http://www.asakusa-7henge.com/plan/


Dan untuk penutup, beberapa taun belakangan gaya pake Yukata mulai makin nyeleneh... terutama karena yang make anak-anak muda. Jadi selain Mini Yukata ada juga Yukata gaya Oiran ini (klo yang tau artinya ya itu lah...klo ga tau di google aja krn aku males jelasinnya haha) :P *gambar & link buat belinya ada dibawah ini ya*

From Here


14 comments:

  1. waaahhh.. thanks infonya
    kalo ada kesempatan ke jp lagi dipertimbangkan ah hehheee...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, klo bisa sih sempetin make biar ada kenang2an...

      Delete
  2. Replies
    1. Hehe tengkyuu... cuma itu fotonya udah beberapa taon lalu hahaha

      Delete
  3. Owhh.. Baru tau Kimono ada turunannya juga :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. turunan... hahaha.. ada yg namanya Hakama juga kalau buat anak2 sekolah yg lulusan. Keren juga loh :)

      Delete
  4. oooohhh baru tau bedanya Yukata dan Kimono. Selama ini gue pikir sama aja. Hahahaha Xp

    ReplyDelete
    Replies
    1. asal di iket jadinya kimono ya may? :D

      Delete
  5. Gue juga cuma punya Yukata dibeliin Papa pas dines dulu di Jepang. Mana bisa pake Kimono di Jakarta? Berat dan panas atuh yeeee.... Tapi kalo di Jakarta ini kan semua yang model disekep dan dikasih tali disebut kimono hahaha.. termasuk baju tidur dan baju mandi. :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya klo di JKT asal indoor bisa dipake krn biasa ada AC kan ya hahaha... wah berarti Yukata lu udah lama bngt ya Le?

      Delete
  6. ingee.... iya gila ampun deh kmaren g ke jepun panasnya ape 40.... cantik bgt nge yukata u... kmaren smpet dpt si yukata di ninja village apa ya namanya.... g dptnya 7000 yen nge uda + obinya.. mahal ga?? kok g berasa mahal bgt ya haha.. tp karena jarang2 kesana jd g beli jg deh... tapi dodolnya kok ga ga beli geta ya??

    tp msh bingung gmn cara pakenya, karena pas beli dia yang pakein dan g buru2 jd ga smpet perhatiin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ken, itu relatif sih ya...
      Klo gw punya ini kayanya beli di oriental bazaar di Omotensando 4000 gitu sama obi & sendalnya, di Uniqlo juga segituan sih dulu.
      Tapi lu punya kan mungkin bahannya atau motifnya lain jadi harganya beda. Klo macam gw gini tu produk massal hahaha.

      Biasa dapet petunjuk cara makenya sih ama beberapa macem iketan buat obi klo yg obinya belum dibentuk. Klo ga dapet gugle aja :)

      Delete
    2. Hahaha g jg ud menyangka nge klo itu mahal.. karena tempat wisata gt.. tp gpp d jarang2 jg ke jepang jd aku ralakan beli hahaha....

      Mereka nawarin ada 2 bahan si 1 kaya silk gt 1 bahan biasa.. karena g pikir yg silk itu kaga nyerep keringet akhirnya g beli yg biasa.. obinya ud jd.. jd ga ad petunjuknya.. emang mesti di gugle.. haha

      Delete
  7. Sumumasen,.. numpang iklan,..

    Minna, sy memproduksi geta cewe (buatan loakal )..
    harga : IDR 150 K material : kayu pinus ready stock ukuran 38 & 39
    ad 5 varian geta : tali merah,ungu,abu2, pink bunga2,kuning bunga2,..
    cocok untk cosu / dikenakan dgn yukata,..
    syp tau berminat,..
    sangkyu..^_^

    HP : 081-904-243-449 (Yuzu)
    COD : Yogyakarta

    produk yg lain bs lihat :
    https://www.facebook.com/pages/Horohoro-Shop/1392585254308773?sk=photos_albums

    http://www.horohoroshopp.wordpress.com/

    kaskus : horohoroshoppu
    twitter : @horohoroshoppu
    g+ : yuzu yuzuhara horohoroshoppu

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...