Wednesday, August 28, 2013

Kuliner di Lombok

Mumpung masih inget-inget dikit, walaupun banyak yang tidak terdokumentasi bahkan tidak terlacak lokasinya... aku pengen cerita tentang kuliner di Lombok. Jujur, kadang aku kalo diajak pergi makan pun udah buta arah, trus saking banyaknya yang enak sampe bisa makan berkali2 dalam sehari(ga bisa nolak). Jadi siapa bilang kalau mau merit bakalan jadi kurus, yang ada makin gembul karena udah lama ngga pulang jadi diajak kesana kemari buat kuliner. Paling waktu hari pertama aja yang sempet diare sampe demam itu yang bikin ngga napsu makan padahal kuliner hari itu sebenernya enak2 semua :(

Nah ini aku coba bikin list & inget2 kembali ya.... *siap2 panjang nih~*

Suckling Pig
Ini ngga cuma ada di Bali ya. Ibarat kata orang di Lombok kita bisa ngeliat Bali tapi klo di Bali kita ngga bisa ngeliat Lombok.... jadilah disini juga ada yg jualan babi guling. Jadi ada 2 tempat yang aku sempet jabanin, yang pertama itu Nasi Babi Guling Bu Sute. Ini perginya pas mules2, diajakin ama sodara & temen nyokap. Sebenernya sih enak, tapi karena lagi mules berat jadi ga berani makan padahal udah dipesenin banyak banget. Trus ga bawa henpon juga jadi ga ada dokumentasinya. Yang kedua itu namanya Mertha Yoga punyanya Bu Putu. Nyokap sih seneng disini... aku sendiri sih juga seneng2 aja soalnya enak juga sih ya. Trus ini juga satenya sering buat dibawa sampe ke Surabaya, Jogja, Jakarta & Jepang ama nyokap hehehe. Tapi klo mau kesini, datenglah pagi2 sebelum kehabisan.

Nasi Bali Bu Putu

Mie Manalagi
Ini ada dua antara di Ampenan atau Cakra. Klo menurut aku dua2nya sama aja tapi kadang ada yg bilang enakan yg "di ....tebak aja ya aku ngga enak nulis"... tapi entahlah yang jelas tetep enak dua2nya buat aku. Ini Mie udah ada dari jaman bahula, tapi dulu aku ga demen mie jadi kadang klo dibeliin paling yg dimakan itu cuma gorengannya. Tapi klo sekarang, jangan harap bakal aku bagi ya... pasti dihabisin sendiri sampe tandas tak bersisa.


Bakso
Ada dua yg aku sempet makan, pertama yg diseberang RS Ampenan trus satu lagi Bakso Timbul yang ada di jalan Airlangga. Klo yang Bakso Timbul, ngga sengaja kesana gara2 adek nyokap kangen mau nostalgia trus kita ngintil deh. Dulunya sih dia buka tenda di deket bioskop Mataram gitu, tapi itu udah lama banget. Bakso campurnya enak. Dan entah kenapa aku ama si K malah sempet balik lagi kesini sebelum kita cau dari Lombok :D

Ayam Taliwang
Sebenernya langganan nyokap sih udah tentu Ayamnya Pak Udin. Ini ada historinya cuma aku udah agak lupa jadi klo ada yg tau CMIIW ya.. jadi kan tempatnya Pak Udin ini di deket Bioskop Mataram juga alias Bioskop Irama, jadilah dulu warungnya disebut Taliwang Irama(Ini jaman tahun jebot banget aku masih bocah). Cuma saking boomingnya(halah), ngga muat itu warung... aku inget banget kudu ngantri lama klo mau makan. Jadi setelah mapan mereka akhirnya punya resto beneran di Cakra. Ini daerah yang beneran tempat perkumpulan resto2 taliwang itu. Jadi dipakelah itu nama Taliwang Irama, tapi mungkin bukan si Bapak Udin kali ya karena si Udin tetep bertahan di warungnya dan nyokap klo order buat dibawa ke luar kota(termasuk ke JPN), mesennya cuma ama Pak Udin, karena lebih murah dan kadang rajin banget mereka nganternya dijam2 ajaib. Selain itu ada juga yang namanya RM Taliwang 1 disebelahnya si Irama, waktu itu sempet makan disana karena enak aja tempatnya ngga serame sebelah trus Pak Haji Murradnya ramah & baek banget, jadilah sempet dua kali balik. Trus ada juga Taliwang2 yang lain seperti 2em dan kawan2, kalau iseng boleh dijajal semua. Tapi kalau pengen yg pedes nendang, cobain deh ke Irama & pesen yg ekstra pedaaassss~

RM Taliwang I
Ala Lombok
Nah ini aku bingung ya jelasinnya, tapi anggep aja ini resto yang didalemnya ada bermacem2 makanan khas Lombok maksudnya(All in One). Salah satunya itu RM Begibung, ini adanya di dalem Mall.... Lumayan sih menurut aku dan menunya juga variatif... Trus ada lagi Lesehan Asri atau kadang ada yg nyebut RM Ria, adanya di Praya jadi klo dari Airport mau ke arah Lombok barat bisa pilih jalur alternatif sini buat mampir juga.

Lesehan Asri
RM Begibung
Random Resto dideket Mall *so so jadi ga di review*
Rujak dibelakang Mall

Es Campur
Sebenernya banyak banget tempat minum es di Lombok, tapi tiga tempat yang aku inget itu di Ramayana, Ncim SMAK sama di warung makan Kejaksaan. Ini semuanya udah dari jaman nyokap(plus om tante) masih muda sampe sekarang masih aja ada.

WM Kejaksaan
Ramayana
Ramayana (Gado2nya full bumbu kacang^^)
Chinese Food
Yang sempet dicobain waktu kemarin itu cuma Sunshine di Senggigi sama Aroma Seafood di deket Mall. Ini recommended sih karena kebetulan waktu itu enak semua :D

Sate
Ini banyak banget.... cuma banyak yang aku ngga tau tempat belinya karena yg jual kadang pindah2 gitu tapi jujur kadang sate bakulan yg agak ngga higenis itu sebenernya enak banget hahaha... Jadi klo disuruh list sate apa aja yg harus dicoba, sate babi(yg ala bali, ala kecap manis, ama yg kuning), sate sapi(rembige), trus ga lupa juga sate jering...klo yg ini namanya diambil dari nama ibu yg jual(rambutnya keriting = jering), tapi katanya dia udah ga jualan lagi padahal biasa dulu waktu kecil kita manggil dia kerumah buat party yg menunya cuma sate doank dan itu seorang bisa makan sampe berpuluh tusuk. Tapi kalo sekarang ke ampenan, banyak yg jualan mirip2 cuma nomaden gitu biasanya. Trus ada sate ikan(bisa beli ke tanjung atau di pasar ACC), sate pusut(sate lilit), sate bulayak(ini ada di Suranadi). Kalau sate2 yg lain kaya penyu dkk, aku agak clueless cuma dulu sih ada yg jual.

Sate Jering tapi bukan Jering yg jual(random beli dipinggir jalan)
Tahu Tek-tek
Ini tahu digoreng ama telor dikasih tupat/lontong, tauge trus dibumbuin pake petis ama kacang. Luar biasa enaknya. Sebenernya in dulu yg pertama kali jual itu ada di samping depan toko tempat kita tinggal. Dari yang tadinya sepi banget, sampe laris banget.... tapi trus ama yg punya warung, warungnya di jual ke orang, trus sekarang jadi banyak banget yang buka tahu tek2. Cuma karena males jalan jauh, pilihnya selalu yang deket rumah aja(sering dikasih bonus sih). Ini bikin nagih loh karena enak banget kalo buat aku yang demen bumbu kacang.

Cemilan, dkk
Kalo nyari kue udah tentu larinya ke Mirasa. Trus disekitaran sana banyak banget yg dagang makanan dipinggir jalan. Nah mungkin yang terkenal itu Terang Bulan nya Holland kali ya. Cuma waktu itu karena ngidam martabak, nyokap ngajaknya beli di tempat favourite dia. Jadi yang jual itu pake Mobil dipinggir jalan. Lokasinya itu dari Mirasa terusssss, ngelewatin MGM terusss lagi sampe sebelum perempatan gede berikutnya ada di sebelah kiri. Demi martabak ini juga si K nekat pergi naek motor sendiri buat beli padahal dia ga tau jalan sebenernya hahaha...

Nasi Bungkus
Ini tempatnya ada dimana harus nanya orang lokal deh kayanya(ketauan biasa dibeliin).... Mulai dari Nasi Kuning(ini cuma inget dideket pantai Ampenan), trus ada Nasi Bali, Nasi Sukaraja, de-es-be yang aku sendiri udah ngga inget. Ada satu yang digang seberangnya ACC itu entah yg nasi apa nyebutnya. Enak banget, dan kayanya cuma di Lombok ini deh aku bisa dapet yg isi pakis, pelalah trus daging sapi yg dimasak santen, ama empal yg garing.


Warung Makan Encim Geniu
Kalau kesini, kebayangnya warteg tapi sebenernya menu yang dia punya itu bener-bener makanan yang bikin kangen. Jadi klo nyari rawon, pecel, soto, dkk ada disini dan rasaya ngga ngecewain lah. Kebetulan juga emang tempat ini udah ada dari dulu jadi tempat nostalgia deh(tapi ngga buat aku soalnya baru inget sekali ini kesini, cuma nyokap sering cerita juga). Oh ya menu yang serupa ada juga di Ramayana atau Encim SMAK.

Pecel & Nasi Campur
Nasi Balap Puyung
Cuma sempet nyobain yang di RM Cahaya, lokasi pas banget di seberang airport. Ini resto strategis banget jadinya laris manis deh. Menunya sederhana tapi enak.

RM Cahaya
Suranadi
Ini sebenernya nama tempat. Jadi disini dulu terkenal dengan kolam yang make sumber mata air alami. Cuma sayang banget sekarang ngga terawat sekali arena kolam renangnya. Nah dulu di sini yang terkenal itu Rumah Makan Suranadi, tapi mulai menjamur resto sejenis disebelah-sebelahnya dan salah satu yang terkenal juga itu RM Taufik. Menu makanannya simpel, jadi kita pesen satu set gitu dapet ayam goreng, soup, pelecing, telor, ama ayam pelalah(ini fav aku). Trus bisa nambah ikan bakar & ikan goreng(wajib hukumnya). Kalau jaman dulu makan beginian ya.... bisa sampe empat kali nambah. Jadi siapa bilang klo simpel itu berarti ngga enak :) Mereka juga masaknya masih dengan tungku jadi rasanya beda. Kalau soal tempat sebenernya aku lebih seneng RM Suranadi karena lega, tapi Taufik emang yg lagi booming banget & sekarang juga udah buka di lokasi baru yang lebih lega. Trus ngga lupa di area parkir kendaraan tempat beli oleh2, ada juga yang harus dicoba yaitu sate belayak, pecel, rujak sama komak. Trus banyak juga yang jualan dodol bermacem2 rasa......

RM Taufik
 Seafood
Nah dulunya nih, karena namanya lombok itu deket ama pantai, kita mau makan seafood ya udah pasti dirumah aja sih karena sering dimasakkin. Jadi sebenernya resto seafood gitu ngga terlalu booming(dulunya), makanya aku sendiri dulu waktu awal2 hijrah ke "Jawa", heran kenapa orang klo ngajakkin ke resto seafood itu kesannya wah padahal menurut aku ini resto paling mendokusai "merepotkan" karena makannya berantakkan dan ngga bikin kenyang klo cuma makan kepiting secuprit hahaha.... Well, itu dulu. Kalo sekarang ya seneng banget lah diajak ke resto seafood karena jarang2. Jadi yang sempet dijajal waktu di lombok itu adalah Menega, lokasi strategis, enak, staffnya ramah tapi ngga enak dikantong hahaha. Kenapa aku bilang staffnya ramah, soalnya gini.... disini kan mahal tuh ya(mana sempet ga bisa pake CC), jadi misalnya kita punya duit berapa tinggal bilang aja ama Mas nya supaya diaturin menu yang sesuai budget ntar dia yang urusin semua(pilihin beratnya yg sesuai dll), supaya ga sisa juga. Trus ada satu tempat lagi yang favourite, yaitu di seafood Remaja, lembar. Tempat boleh jauh, nunggunya boleh lama(ini karena tamunya banyak, staff sedikit, pesennya pada gila2an trus masaknya pake tungku juga), tapi terbayarkan dengan rasa & harganya. Murahh!!! trus enak lagi.... Jadi kalo mau kesini lebih baik telp 4 jam sebelom dateng trus tanya deh ada apa aja(klo bisa minta kepiting yg jumbo2). Aku kesini sampe 2 kali... Yang terakhir itu, makan ala warung di Pantai Nipah, tepantya di warung tenda merahnya Pak Udin(ini yg dibilang nyokap kog namanya sama ama yg jual taliwang). Biarpun cuma dikasih ikan(bakar/goreng) ama beberuk, ini nikmat banget karena pake sambel tomat khas lombok.

Seafood Remaja Indah
 Sekian reportase kuliner yang masih aku inget dari Lombok. Mungkin makin hari makin banyak hidden gem disini, karena kadang buat nyari makanan yang enak itu harus sampe masuk ke perkampungan. Tapi sampe sekarang aku masih ngerasa emang makanan Lombok itu enak, ngga kalah ama rendang, konro, gudeg, dan lain-lainnya.

Ngga lupa juga, makanan rumahannya juga enak(ala chinese food klo ini).


Untuk info alamat dan lokasi, silahkan search di Foursquare aja ya :)

6 comments:

  1. nge...gua jadi laper malem2 gini hahahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mel, jgn ngiler ke keyboard ya hahaha

      Delete
  2. Replies
    1. iya el.. tapi, gw blank klo ditanyain ttg lombok krn skrg ini udah separuh lebih hidup gw nomaden jd gw udah banyak yg lupa ttg lombok hahaha.

      Delete
  3. hai inge, salam kenal...
    pas liat judulnya lombok langsung tertarik nih...
    soalnya mw pindah ksana abis meried...hihihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hola...
      wah asik donk. Enak loh sebenernya tinggal di Lombok, aku jg pengen someday bisa balik kesana buat menetap.

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...