Thursday, October 21, 2010

Problem Image Burem di Blog

Buat para pemakai Blogger, pasti pernah dunk upload image ke blog kalian?

Tapi pernah diperhatiin ga, kalau image yang kita upload kadang tampilannya di blog kita jadi jelek banget kualitasnya, padahal pas sebelum diupload baik2 saja. Nah masalah bukan pada mata anda, gambarnya rusak, monitor mulai hang atau blognya bego, tapi masalahnya ada pada link image yang diupload.

Selama ini aku selalu upload dengan settingan Image Size large, tapi masih ada aja yang pecah gambarnya. Sampe sempet kesel banget trus beeralih ke Flickr yang makin bikin ribet aja karena harus upload & copy linknya lagi ke blog, lalu setting size kalau ngga sesuai keinginan.

Akhirnya aku balik lagi ke fiturnya blogger & picasa. Sudah cinta mati soalnya :D Jadi tinggal upload, kalau mau edit yang sudah ke upload tinggal dibuka dari picasa, diedit trus di timpa lagi, ngga perlu edit2 blog krn otomatis diupdatein semua dari picasa(inilah keuntungan kalau pake aplikasi dari developer yg sama).

OK, balik ketopik semula. Permasalahannya ada di link yang di... *apa ya istilahnya*... yang dihasilkan dari mengupload gambar. Coba perhatikan gambar berikut ini yg diupload dengan settingan image size "small", lalu aku olor-olor/tarik-tarik dikit supaya kelihatan lebih gede:


Sudah diperhatikan?? Silahkan kucek2 mata anda buat memastikan gambar diatas tidak burem. Tapi apa mau dikata ya tetep aja burem!!

Sebenernya ngga masalah mau upload dengan settingan size manapun juga. Kalau dirasa gambar yang dihasilkan terlihat butek atau ngga sesuai dengan harapan anda, coba perhatikan gambar berikut ini :

SEE!!!
Aku ngga upload 2 kali loh.. ini tetep dengan gambar yang sama dengan diatas itu kog.

Yang aku lakukan cuma :
1. Klik Edit Html
2. Cari coding image tersebut lalu lakukan sedikit perubahan seperti berikut ini :

Carilah tulisan /s200/ untuk gambar ukuran kecil, /s320/ untuk gambar ukuran sedang dan /s400/ untuk gambar ukuran besar. Lalu gantilah angka2 diatas dengan /s800/ atau angka lain yang lebih besar daripada ukuran semula dengan maksimum s1600. Karena s1600 ini sama dengan size asli yang ditampilkan kalau kita klik gambar tersebut.

Tapi perlu diperhatikan kalau kita memang cuma mau menampilkan gambar yang mini-mini, sebaiknya tidak perlu melakukan petunjuk diatas karena jadinya gambar yang ditampilkan terlalu sharp jadi ngga bagus. Jadi sebaiknya sesuaikan dengna kebutuhan aja, kalau memang mau fotonya digedein, baru bagus pakai cara ini. Jadi setelah diubah s-nya, silahkan mengolor-olor(melebarkan) foto anda sesuka hati.

Satu lagi kelemahan, dijamin yang buka blog anda kalau lewat HP bakalan sedikit lebih lemot. Ini dikarenakan image yang didownload tentu saja menjadi lebih besar^^.

Jadi silahkan dicoba ya...dan semoga foto narsis anda2 sekalian ngga lagi butek/burem/pecah sampe pengen banting atau ganti monitor. Dijamin kali ini lebih cling cling hasilnya^^

PS : supaya lebih aman, lakukan tips berikut di notepad atau backup postingan anda sebelum melakukan percobaan ya! Dan tips ini tidak berlaku untuk gambar yang aslinya sudah butek dan burem.

4 comments:

  1. thanks buat sharing info na :)

    ReplyDelete
  2. @Pitshu : sama2 pit..
    @aina : jd bukan krn kamera gw, tp krn fotonya diperbesar hahahaha~

    ReplyDelete
  3. thx yah buat sharing nya ^_^

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...