Tuesday, October 5, 2010

Today's Bentou - Sapi Lada Hitam

Tema tentang menu minggu ini, diganti jadi bentou hari ini ya. Sebisa mungkin aku foto2in bekal yang aku bawa. Maafkan penampilannya yang kurang banget, karena waktu buat nyiapinnya selalu buru2(25min-1jam). Tapi moga2 aja dengan posting di blog, aku jadi lebih termotivasi buat masak.


Buat hari ini, aku bikin sapi lada hitam, berhubung jatahnya si K lebih bnyk dari aku sedangkan sapinya terbatas jadilah lauk tambahannya itu sisa sayur kemaren(cah Taoge) trus ditambah brokoli & kabocha.

Ini pertama kalinya bikin sapi lada hitam, jadinya baru kemaren nyari2 resep trus pake bahan seadanya dirumah. Kalau yg pengen liat resep versi asli ada disini ya.

Resep ini untuk porsi kecil ya(2org)
1pack daging sapi lembaran(kayanya yg 200an gram)
2buah paprika merah ukuran kecil, potong dadu
3batang bawang(aku ga tau bhs Indonya apa, tp ini batang ya bukan daun), potong sekitar 2-3cm
1sdm saos tiram
1/2 sdm minyak wijen
1sdm atau 3siung bawang putih(aku pake garlic paste, males cincang2 bawang)
1sdm tepung sagu/maizena
1/2sdm black pepper
garam, merica secukupnya
1sdm minyak sayur
Kalau yg mau pake bawang bombay, silahkan aja nambahin 1/2butir bawang bombay.

Cara membuat :
1. Panaskan minyak. Sebenernya kalau dagingnya banyak lemak, ga pake minyak jg gpp.
2. Berhubung daging yang aku pake ini udah tipis2, jadinya langsung dipotong2 sesuai selera. Aduk merata dengan tepung & bawang(berhubung garlic paste suka muncrat2 klo kena minyak, jadi dicampur aja dulu). Kalau yg pake bawang dicincang, bawangnya ditumis duluan.
3. Masukkan daging, aduk2 sampai sedikit berubah warna.
4. Tambahkan saos tiram, minyak wijen, garam, merica.
5. Kalau daging sudah berwarna kecoklatan, masukan paprika&batang bawang.
6. Tambahkan black pepper, aduk sampai merata lalu angkat.

Untuk yang pake bawang bombay, masukinnya barengan ama bawang putihnya atau sebelum daging.

Gampang kan....Cukup 15min.

Untuk resep Kabochanya, aku tulisin lain kali ya~

Mohon maaf kalau penulisan resepnya asal2an, maklum amatir. Tapi sebisa mungkin aku tulis yang gampang2 aja.

3 comments:

  1. hoah.. inge! segitu sih dah lumayan daripada bento gue, bener2 seadanya dengan kotak makan seadanya.. hehe.. jadi terinspirasi gara2 liat cup2an di dalem kotak makan lo!

    gue suka bingung cari tempat makan yang kecil2 buat lauk, padahal sebenernya di kotak nasi masi ada tempat, tapi kan jadi benyek tar kalo dicampur.. gue juga mau cari ah!

    ReplyDelete
  2. gw jg biasanya bawa 1 lauk fan, paling tambah salad atau side dish dikotak kecil soalya ga ada pembatas kotaknya yg ini. Ini aja lagi kecentilan.

    Itu silicone fan, beli di Daiso aja klo ada murah soalnya klo yg 100. Trus itu kan anti panas, jd di microwave pun tak mengapa. Daripada pake yg cup kertas2 punya mubazir soalnya.

    Ntar cup yg silicone ini bisa buat bikin cupcakes/muffin juga loh. Jadi multifungsi banget.

    ReplyDelete
  3. iya gue pernah liat kalo di daiso.. tapi disini gue ga tau dimana ada toko jepun2an gitu. nyesel sekali dulu ga kepikiran hehe..

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...