Tuesday, January 4, 2011

Nano Nano Japan - 15(New Year)

New Year di Jepang itu :

1. Tiap rumah digantungin hiasan hijau mirip kaya "christmas wreaths" yang namanya Shimekazari, trus entar di pintu gerbang dikasih Kadomatsu yaitu semacem hiasan dari 3 batang bambu, dan ga lupa Kagamimochi yaitu mochi yang sudah keras trus dibentuk bulat & disusun 2 tumpuk(kadang2 dipaling atas dikasih jeruk). Semuanya ini bertujuan sebagai charm, supaya roh jahat ngga dateng & roh baik bakal mengunjungi rumah mereka sekaligus untuk memanggil keberuntungan.

2. Melihat Matahari terbit dihari pertama atau yang disebut Hatsu Hinode. Ini dibela-belain loh pada naik keatas gunung atau kelaut yang menghadap sisi timur. Padahal bisa dibayangin gimana dinginnya pas winter begini. Kalau aku sih milih melihat Hinode dalam mimpi dengan berselimut aja deh :P Hahahaha....

3. Kalau taun baru makanannya juga special dunk ya. Mereka biasanya nyiapin yang namanya Osechi Ryouri. Jadi Osechi ini satu set masakkan dari beberapa menu yang setiap masakkannya itu punya arti tertentu seperti Kuromame(Kacang hitam = kesehatan), Kombu(seaweed yang mirip2 pengucapannya dengan Yorokobu yang berarti kebahagiaan), ada juga yang kuning2 seperti telur atau chesnut(yang mirip matahari/emas), trus ngga lupa ada juga udang(hidup sehat sampe tua/bungkuk) ama ikan teri kecil2(banyak keturunan), trus ada juga Renkon(Lotus yg bolong2 berarti lihat kedepan), dst. Ini biasanya dimasak sekaligus banyak & mereka biasanya makan Osechi yang sama sampai habis itu kira2 seminggu. Jadi nanti kalau udah seminggu makan Osechi, mereka bakal ada yang namanya Okayu no Hi atau hari makan bubur yang tujuannya supaya perut kembali normal setelah makan makanan yang sama terus selama seminggu. Tapi berhubung orang jaman sekarang udah mulai ngga mau ribet masak2, banyak yang akhirnya beli di Supermarket cuma untuk porsi sekeluarga cukup untuk satu hari aja, tapi harganya luar biasa karena 1box saja bisa mencapai puluhan ribu yen(jutaan rupiah).

4. Kekuil, juga jadi salah satu kegiatan mereka. Biasanya pas malam tahun baru kuil2 dijepang ramai banget dikunjungi orang2 & begitu juga pas tanggal 1 Januarinya. Mereka minta berkat untuk tahun yang baru sambil tidak lupa narik undian berhadiah alias Omikuji/ramalan.

5. Nengajo, atau kartu pos tahun baru juga jadi tradisi di JPN. Entah pak pos nyiapinnya bagaimana, tapi yang pasti begitu tanggal 1 semua kotak surat udah terisi dengan satu bundel Nengajo. Dan mereka itu ngirimnya pagi-pagi banget pas tanggal 1 karena aku sempet check tanggal 1 menjelang pagi buta masih belum ada, berdedikasi sekali mereka kerja keras ditahun baru. Dan biasanya pagi2 orang bakal senyam senyum jalan atau duduk dikereta sambil baca2 setumpuk postcard.

6. Ngga lupa ada pertunjukan musik di setiap New Year Eve yang namanya Kōhaku Uta Gassen. Kayanya aku ngga pernah nonton acara ini karena tiap malam tahun baru kelayapan melulu :P

7. Otoshidama, ini sebutan untuk angpao di JPN. Yang nerima angpao tentu saja cuma anak2 kecil saja ya. Buat orang dewasa yang kepengen Otoshidama sih bisa ngedapetinnya dengan belanja dulu di department store trus ikut undiannya :D

8. Pergi mengunjungi Kaisar. Jadi nantinya ada bagian di dalem Imperial Palace yang biasanya ditutup bakalan dibuka untuk umum pada tanggal 2 Januari. Nah disana setiap jam tertentu Kaisar & keluarga bakalan keluar ke balkon yang tertutup kaca sambil melambai2kan tangan trus ngucapin beberapa patah kata sebagai ucapan selamat tahun baru.

9. Fukubukuro, ini sebenernya kalau diterjemahin berarti kantong kebahagiaan tapi sebenernya ini kucing dalam karung sih kalau aku bilang. Jadi disebagian besar toko di sini bakal ngejual Fukubukuro dengan harga tertentu(biasanya 5rb atau 10rb) tapi kita ga boleh liat isinya apaan. Yang jelas sih harga barang didalemnya itu jauh lebih mahal dari harga yang kita bayar. Bahkan kemarena ku sempet liat ada kantong yang isi dalemnya sekitar 70rb dijual seharga 10rb. Nah biasanya sih yang diserbu itu toko elektronik & toko pakaian.

Walaupun setelah dilist sepertinya menarik, tapi menurut aku tahun baru di JPN garing banget karena mungkin aku ngga ada keluarga jadi ngga ada yang masakkin atau yang mau dikunjungin. Yang ada ribet nyari tempat makan karena pas tanggal satu atau dari 31 malem toko2 udah pada tutup dan kebanyakan buka lagi mulai tanggal 2 Januari. Trus disini ngga boleh berisik kan, jadi ga ada terompet2 atau merecon :P Udah gitu kembang api juga paling di Disney atau taman sejenis doang, yang lain ngga ada. Yang beda paling keretanya jadi beroperasi 24jam aja, tapi tetep aja jalanan sepi banget deh~

Jadi, gimana tahun baru disana??

4 comments:

  1. Del..seru ya budaya n kebiasaan orang sana.. :)
    Gw tahun baru kemarin cuma tidur2an doang.. soale macet bgt pas new year eve nya

    ReplyDelete
  2. gw masih ngerasa di sana tahun baruan seru. pengen rasanya ngerayain di sana, ke fuji buat liat matahari pertama, desek2an ke kuilnya, shopping fukubukuro & kirim2an postcard. menarik! >_<
    gw di spore malah sengaja tdr cepatsebelum countdown. =p

    ReplyDelete
  3. @Liclife : iya, mgkn hampir sama kek budaya chinese klo pas sincia kali ya.. Idem, akhir2 ini kebanyakan ngelewatin taun baru dgn tidur nih :)

    @lzai : di singapore ngga ada fireworks kah? Soalnya disini jg klo tengah malem sebenernya ga boleh berisik, jdnya mereka ke tempat2 tertentu aja.. :)

    ReplyDelete
  4. di spore banyak fireworks di tempat2 yang berbeda tapi petasan gt ga boleh. terus jdnya jarang jg yg main kembang api kecil gt.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...