Tuesday, May 27, 2008

Teliti, Turunan apa Belajar?

Entah kenapa orang disini suka banget ama yang namanya teliti. Entah itu teliti ngitung-in uang receh buat kembalian, teliti memilah sampah, teliti ngecekin ramalan cuaca, teliti ngecekin jadwal kereta dan teliti-teliti yang lainnya. Jadi ceritanya tadi pagi, aku sengaja berangkat pagi-pagi dengan pikiran sampe kantor masi sempet buat ngecek email dll. Tapi baru pemberhentian di stasiun pertama tiba-tiba kereta ngetem lama banget ngga jalan-jalan. :ha?:Trus ada pengumuman, entahlah apa isinya pengumuman itu karena aku lagi asik dengerin lagu tapi intinya 'telah terjadi.....distasiun....& untuk memastikan kereta bisa berjalan dengan lancar penumpang dimohon kesabarannya untuk menunggu sampai kereta berjalan'. Yah, telat lagi deh!:ayokona:

Kalo aku pikir-pikir, ada saatnya kita berusaha untuk teliti banget mempersiapkan segala sesuatu yang terkadang masi aja ada kekurangan ato dengan kata lain ada 'miss'-nya. Seperti pepatah 'Manusia boleh berencana tetapi Tuhan yang menentukan', sama seperti kejadian hari ini. Toh aku juga tau petugas perkeretaan disini yang tiap harinya sudah bersusah payah buat ngatur 'gimana supaya kereta ngga telat', gimana caranya supaya semua orang bisa masuk ke dalem gerbong kereta sampe jadi tempe penyet setengah dendeng, :takot:tapi tetep aja ngga bisa ngeramalin kalo seandainya tiba-tiba : ada tikus iseng gigitin kabel jaringan kereta sampe bikin konslet, ato orang gila yang tiba-tiba dorongin orang yang lagi ngantri sampe jadi korban tabrak lari(yg lari pendorongnya bukan keretanya), ato tiba-tiba ada yang semaput(tidak sadarkan diri) di dalem kereta gara-gara mencium nafas singah om-om sebelahnya(Singah = merek bir made in Thailand, bau mulut red.). Siapa si yang bisa meramalkan hal seperti itu walaupun perhitungannya udah sangat teliti dengan tingkat kesalahan dibawah 1%.:ha?:

Sama seperti aku yang selalu sadar diri ngga pernah bisa teliti tapi tetep ngga mawas diri buat memperdalam tingkat ketelitianku, dengan kata lain aku ini orangnya ceroboh dan teledor makanya jaman sekolah dulu selalu 'miss' kalo ngerjain soal matematika biarpun aku tau cara mecahin masalahnya belom tentu jawabnya bener gara-gara ketelitianku buat ngitung yang sering salah.:sweaty: Belum lagi dalam 2 minggu ini aku udah 2kali salah ngirim email keorang kantor gara-gara aku ngga merhatiin antara first name & last name, karena orang Jpn biasanya lebih banyak make last name atau family name. Bisa-bisa karena taraf ketelitianku yang sangat rendah ini email nyasar jadi banyak betebaran.:sweaty:

Jadi inget kalo orang sini tu pecinta Quality(品質). Jadi jangan sampe meciptakan sesuatu yang ada 'miss'-nya, karena kalo engga bisa dituntut ama konsumennya kali ya? Ada kejadian waktu aku ke Universal Studio Japan. Waktu itu aku ama temen-temen mau naek wahana yang namanya Hollywood Dream(rollercoaster), tapi waktu udah sampe diujung pangkal dari antrian & tinggal nunggu naek aja, tiba-tiba petugasnya entah berapa kali bolak balik buat meriksain tempat duduk keretanya. Ternyata entah orang tak bertanggung jawab yang mana aku juga ngga tau, jatuhin kunci locker dia waktu lagi maen(harusnya kunci ini digelangin ngga bole dikantongin). Jadilah heboh banget semua track diperiksa, yang ngantri ngga bisa naek, yang abis puyeng-puyeng ngga bisa turun karena kereta yang sebelumnya ngga boleh dijalanin. Sampe tim pencari jejak, evakuasi dini ato apalah itu nyariin kesela-sela rail bener-bener dengan teliti demi kunci locker yang akhirnya ditemukan entah dalam posisi seperti apa tapi yang pasti calon penumpang termasuk aku jadi seneng plus lega bisa naik juga.:okay:

:sorry:Memang orang bener Jpn patut diacungin jempol karena ketelitian-nya buat hal sekecil apapun walaupun kadang masi ada 'miss'-nya juga. Tapi demi kenyamanan pelanggan, pemakai, pembeli atau siapapun dia, ada orang yang rela buat ngelakuin hal yang sama bertahun-tahun untuk mencapai ketelitian tingkat tinggi. Karena kalau sampe ngga teliti :
-Alarm kebakaran mungkin bisa berbunyi di waktu yang salah dan tidak berfungsi di waktu harus berbunyi.
-Banyak orang yang basah kuyup/rugi harus beli payung lagi karena ramalan cuaca yang salah.
-Bikin masalah baru karena mencetak exp. date yang salah di kotak makanan.
dan masi banyak hal-hal lain yang masih lebih besar lagi.
Jadi pepatah alon-alon asal kelakon masi bisa dipake dunk??...

Buat mereka yang kurang teliti :
- Belajar buat fokus ama apa yang lagi dikerjain.
- Coba liat suatu hal atau masalah dari sisi yang lain.
- Minta bantuan orang lain untuk bantuin periksa kerjaan kita.
- Catat kesalahan yang pernah dibuat & berusaha tidak mengulangi.
- Jangan hanya melihat hasil, tapi belajar dari proses yang dilalui.

:ahaha:

2 comments:

  1. hai inge.. aku dah baca kommentmu lho..

    btw kamu orang lombok??

    aku ga asli lombok, tapi dah 4 tahun kerja disini.

    aku tinggal di Ampenan..

    met kenal ya..

    hope we'll have a further contact ahead.. ^^

    ReplyDelete
  2. Hohohoho...
    Yupe2 org Lombok yang ngga tinggal di Lombok....
    lam kenal juga ya^^
    ntar kapan2 kalo pas pulang aku minta ditemenin naek gunung d ^^V

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...