Wednesday, October 15, 2008

Teganya Diriku

Kemaren waktu pulang dari kantor, aku cepet2x pengen pulang kerumah coz rasanya mata dah sepet banget pengen bobo. Mana dikantor juga ga bisa konsen karena emang masih cape aja. Waktu udah nyampe di stasiun tempat aku, aku nyempetin mampir ke dept store buat liat2x cardigan karena sapa tau nemu pengganti buat cardigan kesayangan aku yg udah mulai bolong hohoho.

Begitu keluar dari dept. Store, aku mampir ke toko obat di gedung sebelahnya. Toko obat disini ga cuma jualan obat, tapi jualan kosmetik dan sabun2x gitu juga[jadi bisa dibilang mini market juga]. Sebenernya kesana mau nyari pemutih baju, buat mutihin beberapa baju yg minggu kemaren kelunturan itu. Jadinya aku langsung kepojokan tempat rak sabun cuci, softener, dan kawan-kawannya berada. Tapi aku ngga nemuin yang namanya Hakuzai[basa jepangnya bleaching versi si K ama Ren]. Trus sambil telpon2xan ama K sambil pelototin tu rak2x satu per satu sambil mondar-mandir. Nah kebetulan pas lagi dipojokan itu, ada 1 cowo yang lagi liat2xin sabun cuci gitu. Eh tapi ga tau kenapa dikit2x dia langsung grusa-grusu ambilin[nge grab gitu] beberapa bungkus pewangi dan dimasukin kedalem ranselnya yang super gede. WHAT???

OK diulangin lagi kronologisnya....aku lagi nelpon, sambil ngeliatin ke arah rak2x dan dibelakang aku [sekitar 1-2m], ada orang yang lagi sibuk ngelitain rak2x berisi pewangi sambil ga lupa tiap ada kesempatan masukin beberapa bungkus kedalem tas-nya.

Awalnya aku ga sreg ama tingkah mencurigakan ni orang, karena dia tu bukan tipe maling yang ceroboh dan ga pake deg2an keknya. Buktinya dia tetep nekat ngelakuin meski aku tu ada dideket situ. Harap maklum aku cewe, bisa multitasking. Jadi walaupun lagi nelpon, aku juga merhatiin gerak gerik dia. Sampe akhirnya ada penjaganya dateng, cuma beberes bentar disekitar situ trus pindah. Nah berhubung aku juga ga nemu2x itu pemutih, akhirnya bertanyalah diriku kepada si petugas, sekalian dengan maksud menggiring dia ke arah si maling biar si malingnya tu takut trus pegi. Cuman masalahnya tu maling nekat bener!!! Aku pegi dari lorong itu bentar aja dia udah masukin banyak banget ke tasnya. Pas aku lagi ngomong ama penjaganya dideket situ juga gitu lagi. Gila ya!!

Akhirnya berhubung pemutihnya ga ada[keknya salah nama coz tu org jg ga ngerti], si penjaga meninggalkan diriku seorang diri disana. Dan lagi2x waktu aku lagi asik merhatiin tu sabun, softener satu persatu sambil nelpon, si maling juga gencer banget masukin berkantong2x barang ke dalem ransel gedenya yang udah penuh buanget. Dan aku diantara posisi dilema : laporin perbuatan dia, atau pegi gitu aja dari tempat itu. Aku paling benci pilihan kek gini karena jujur aku takut, karena kalau sampai dia tau aku yang ngadu trus ntar aku diteror gimana coba?

Akhirnya sambil ngoceh2x di telpon melaporkan kepada yang ngga bersangkutan alias si K, aku sekalian jalan menjauh dari TKP. Trus akhirnya memutuskan untuk ngelaporin tu orang ke penjaga cowo yang tadi. Aku cuma lewatin deket dia trus bilang "permisi..ituuuu ada org yg masukkin barang ke dalam tasnya"-ngomongnya sih ga selancar ini saking deg2annya diriku. Trus tui cowo langsung tanggep "yg cowo itu ya?". "Iya cowo itu". Trus akhirnya tu penjaga menuju ke TKP, sedangkan aku kabur dari tu toko. Tapi entah deh jadinya ketangkep pa engga, soalnya tu penjaga cowo keknya takut juga huahuhaua....

Sebenernya salah ngga sih jadi tukang ngadu?

Selama jalan pulang kerumah aku jadi kepikiran. "Kog aku jahat ya? Tega banget ngelaporin tu orang. Padahal siapa tau emang dia lagi kepepet dan bener2x butuh itu barang. Cuma kalo ntar ketangkep, ngga cuma ngga dapet apa2x tapi juga dianya tambah susah. Sedangkan kalo dari pemilik toko, apa sih artinya barang segitu toh toko Matsumoto Kiyoshi betebaran diseluruh Jepang.". Jadi sedih akhirnya, tapi tetep serem juga, dan kepikiran juga kalo tu orang kog ya keterlaluan nyolongnya banyak bener sih.

OK, case close sampe disitu dan aku ga tau gimana nasib tu orang.

Cerita berikutnya, cuma masalah sepele. Lagi2x aku ngerasa bersalah cuma gara2x tadi pagi waktu kereta yang aku naikin lagi ngetem[berenti di stasiun], aku ngeliat diluar kereta[dari jendela liatnya] ada cewe yang ngejatuhin sapu tangannya dan ga ada orang yang kasih tau dia sampe keretanya jalan. Hikz....Kenapa ya aku ngga keluar aja dari kereta trus kasih tau dia?...."Kog aku tega ya?"

Aku inget dulu aku ngeliat kakek2x dicopet di bus kota dan aku ga bisa apa2x krn copetnya ada segerombol, aku cuma bisa turun dari bus trus nangis(padahal bkn aku yg dicopet). Bener2x rasanya jadi orang ga berguna banget krn ga bisa nolongin orang laen.

Padahal kalo seandainya bisa nolong mereka, pasti rasanya seneng banget walaupun ga dapet ucapan terima kasih atau cuma ucapan yang sekilas doang.

Ada cerita laen lagi (maap klo ada yg nganggep ini pamer, tp ngga maksud begitu sih...).

Pernah malem2x dijam2x kereta lagi rush banget, ada 1 cewe lagi ngejer kereta dan dia ga sadar dompet IC cardnya jatuh dan dianya lari gitu aja. Akhirnya aku mungut tu dompet sambil ngejer2x dia diantara kerumunan org di stasiun. Untungnya ketemu dan abis itu dianya cm say thx n lari lagi, tapi paling ga aku ga ngerasa bersalah krn klo sampe ketinggalan dia bakalan repot banget ngurusnya. Sebenernya ga perlu lari2x cukup kembaliin ke petugas stasiun sih cukup, tapi pasti dianya kerepotan pas keluar dari stasiun. Yang pasti waktu itu ngerasa senenggg banget coz bisa bantuin tu orang.

Orang Jpn tu termasuk tipe org yang sungkanan jadi kata terima kasih, maaf atau permisi pasti terucap dengan mudah. Makanya ini alesan aku benci kakek2 di kereta yang suka maen serobot, coz terkesan dah bau tanah tapi ga ada tata krama. Nah, kalo disini kita nawarin tempat duduk buat kakek-nenek ato org2x dengan anak kecil dikereta, pasti buntut2nya bakal jadi kepiting rebus alias malu banget. Soalnya mereka ngga bakal berenti ucapin terima kasih, dari mereka mau duduk, udah duduk, sampe waktu salah satu dari kita turun kereta duluan. Makanya cara paling bagus adalah : kita pura2x turun dari kereta dan pindah gerbong, sambil nawarin ke dia buat duduk. (ini ajaran temen JPN-ku).

Aaaahhhh ternyata emang jadi manusia tu susah ya...[ceritanya jadi ngalor ngidul ga jelas nih^^]. Ya gitu deh, masi sampe ngimpi klo seandainya aku nangkep tu maling mungkin aku bisa dapet voucher di toko obat itu kan lumayan hahaha...ngarep^^ tapi bisa jadi bener kalo tu orang lagi krisis trus jadi nekat. Moga2x ga diulangin lagi aja deh.

5 comments:

  1. Nge, masalah di penguntil di supermarket itu, kalo gw bilang udah bener... lo gak bisa mikir sang punya supermarket udah kaya raya atau si penguntil dalam keadaan kepepet... Kalo lo gak laporin saat itu bisa aja, dia gak jera dan makin lama kejahatan makin besar dan kalo dia ke gap di kasus yg besar yg bikin masa depan nya makin suram gimana?? Lo udah bener kok, Nge.

    ReplyDelete
  2. Iya sih, makanya waktu tu akhirnya bilang ke penjaganya. Cuman bis itu jadi kepikiran, padahal kalo toh pura2x ga tau juga pasti tetep kepikiran sih huhuhu...

    Bingung ya? Soalnya kasian aja. cuman sayangnya aku bukan mama Loren yg bisa baca pikiran org laen^^

    ReplyDelete
  3. jaman sekarang berbuat baik itu resikonya gede. bisa jadi kalo orang itu ketangkep dan inget atau tau ama muka lo orang yang ngelaporin. suatu hari nanti dia nongkrongin lo, dan lo bisa di apa2in *bukan nakut2in sih

    cuma g yang ribut ama orang aja, jelas2 itu orang salah aja dia bisa ga terima g maki2 dan melihat dengan seram, kepergian g. Takutnya begitu bubar, dia ga seneng, g di kejer balik kan ^^

    jadi intinya berbuat baik ga salah, cuma perhatikan keselamatan sendiri juga ^^

    ReplyDelete
  4. Makanya aku kabur pit. Ga berani ngeliat proses selanjutnya. Soalnya tu org gahar banget.

    Apalagi kepikiran standar waras disini tu agak2x....Jadi dari pada cari masalah mending kabur. Trus untuk sementara aku emang ga lewat jalan itu dulu deh..parno soalnya^^

    ReplyDelete
  5. emangnya ga ada sensornya yah? kan biasanya supermaket gtu di pintu ada security sensornya klo nyuri bisa bunyi gtu. hehe..uda ga usa takut wong ga salah ko :)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...