Sunday, September 28, 2008

Lebaran Di Kampoeng

Lagi ngebayangin yg di Indo lagi pada menjelang n' sedang libur lebaran nih. Yang pada mau lebaran "Gimana persiapannya? Pasti udah pada ngga sabar ya." Aku inget kalo dulu jaman2nya lebaran tuh semua tiket mahal. Jadi seringnya ga pulkam kalo lagi ga da duit, klo duit mefet ya naek Bus ampe eneg2 deh ampe ke Lombok. Klo mo naek pesawat harus nunggu THR ato rejeki nomplok dan hokinya si mom buat beliin tiket kita2x. Aku ga pernah minta sih buat pulang gitu, kalo emang mahal biasanya diem2x aja. Klo pas ada yang murah baru semangat 45 ama cc n dd ku buat pulkam. Tapi aku inget ada 1 kali pas tiket lagi mahal banget, entah kenapa aku lagi jadi anak ga tau diri ato emang saking lagi kangen rumah ato lagi mo lari dari sesuatu, trus aku langsung ngomong ke mom klo aku pengen pulang, dan bener2x my luvly mom tu, walaupun lagi susah banget trus mo bayarin aku tiket(dan bener abis tu aku kapok deh buat kek gitu lagi, ga tega hahaha).

Trus selaen itu kalo pulang kerumah pas lebaran bukannya leha2x malah jadi pembokat dadakan. Krn klo pulang biasanya tinggal ditempat engkong yang emang cuma tinggal sendirian aja jadinya kita kudu bantuin macem2x. Klo pas pulkam nya seRT aja kita bisa bagi2x tugas, tapi kalo pas sepi bisa kerja rodi tuh. Bis nyuci baju n' nyeterika aja otomatis buat semua mana si engkong kalo liat pagi2 jam 7 blom ada yg nyuci tu baju pasti dia yang kerjain. Nah biasanya cc ku yang baek banget itu yang bantuin. Kalo aku ma biasanya molor aja terus sampe siang. Klo bangun aja udah disediain teh manis ama sarapan. Bener2x ya hahaha...

Cuma kalo suruh nyapu ato ngepel aku sebenernya paling demen. Cumannnnn..... Tu rumahnya ada dipinggir jalan raya bikin debu tiada akhir, makanya lama2x kesel juga. Soalnya semua org keluar masuk rumah juga pake sendal sih. Nah yang selanjutnya nyeterika udah jadi favorite aku kalo pas terakhir2x. Nyuci piring juga oK, tapi biasanya pada nyuci sendiri juga kalo udah abis makan. Ngga tahannya tuh nyamuknya merajalela, jadi klo pas nyuci diluar udah pasti abis di gerogotin. Belom lagi yang kebagian nyiramin kebon dan halaman, untungnya kalo sekarang ga kek dulu waktu rumput2 juga dicabutin, bisa encok bener pinggang.

Itu si sekilas tentang penderitaan selama lebaran. Senengnya tu ya krn libur. Tapi ngga bisa tidur lama2x coz di Lombok yg Pulau seribu Masjid itu, kalo pas lebaran dari malem sebelumnya takbiran kaga kelar2x tu loud speakernya. Entah doa2x, pengumuman, qasidahan, dll. Trus ntar bisanya orang rame2x ke pantai. Klo pas malem takbiran aku paling suka liat pawai yang lewat di depan rumah. Banyak orang lewat dan ngga lupa mampir toko kita buat beli sesuatu HoHoHo. Nah biasanya kalo aku yg jaga toko pasti kagak ngerti harga, kagak ngerti merk, kaga ngerti barang nya ada engga, jadi selalu teriak "Maaaaa.....ada yg mo belanja!". jadi intinya cuma nampang sok jadi manekin sapa tau bisa jadi penglaris hauhauhaua(anak durhaka bener).

Nah ngga lupa klo lebaran banyak yg minta2x duit ato disebut Hol, entah dari anak2x bahkan sampe orang tua pun, semuanya sama(klo mampir rumah mintanya duit lagi duit lagi). Si engkong kalo disamperin org RT trus dimintain duit dia pasti ngga bisa nolak tp bis tu dia ngomel2x dibelakang Hahaha... Klo dulu pernah waktu dia baru sembuh dr stroke n' masi lom bisa ngomong dengan bener(ketuker2x antara bahas Indo, Chinese & sasak), dia kunci pintu gerbang utama trus ditulisin "Orangnya lagi pergi ke Pantai Sengigi" kita yang baca sih ngakak aja sambil deg2xan. Soalnya, bener sih yg mo minta2x ga bakalan dateng2x tapi kalo gantian yang dateng rampok gimane coba? berabeeee kan....

Nah entar kalo udah harinya lebaran pagi2x jalanan sepi, trus tempat rekreasi atau restoran juga pada tutup kecuali kalo yang punya orang2x Hindu si tetep buka. Ntar kalo udah abis lebaran 7 hari ato 10 hari setelahnya itu ada yang disebut lebaran Haji. Nah ini juga dirayain gede2an. Senengnya tu klo pas lebaran Haji para pembokat suka ngirimin ransum. Biar mo dikatain makanan mereka, tapi aku demen banget. Soalnya ada macem2 opor ama masakan khas mereka. Trus ada kue2x juga, dan ampun2 kalo kue keringnya tu ada yang kerasnya amit2 ampe bikin gigi mo rontok. Jadi biasanya kalo bagian kue kering ama kue khas lombok gitu aku skip deh.

Nah itu sekilas tentang pengalaman lebaran kalo pas di kampung dulu. Jadi kangen pengen makan opor ayam, gule kambing, sate sapi, sate kelapa, urap, pelecing kangkung, dll. lombok tu emang surganya makanan sih kalo aku bilang. Sate aja macemnya ada buanyak banget dan semuanya uenak. tapi sayangnya entah kenapa kalo dipikir2 harga makanan disana tu mahal2x ya...Ngiler...

5 comments:

  1. Hah?? loe dari lombok tah??
    asik bgt..............

    mau sate penyuhhhhhhh... heheheh

    ReplyDelete
  2. Hoo...Sate penyu jarang ada keknya di Lombok, umm apa aku yg ga tau ya. Adanya di Bali banyak. Cuman itu kan sebernya ga boleh dimakan, coz termasuk hewan langka. Tapi aku dulu pernah nyobain sekali, emang enak si HeHeHe.. tapi kesian.

    ReplyDelete
  3. waduh br denger ada org yg hobby nyetrika.. sini donk ing setikraan sebakul tuh udah.. ekekeke..

    ReplyDelete
  4. wakakaka...soalnya seneng kalo ngeliatin bajunya pada licin2. Tapi bete klo tempat nyeterikanya sempit n panas...bisa2 melayang d tu setrikaan^^
    Tapi aku disini jg nyeterika tergantung mood...klo engga ya timbun dilemari aja sementara hahaha....

    ReplyDelete
  5. You got to check out these hot girls for [url=http://www.online4love.com]online sex[/url]

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...