Thursday, September 4, 2008

Membuka Onigiri

Onigiri(おにぎり) atau nasi kepal adalah salah satu makan tradisional jepang yang paling praktis. Dibuat dari nasi jepang yang dibentuk segitiga, lalu diisi ikan, umeboshi/plum, dll, lalu dilapisi dengan のり(nori-rumput laut). Nah, dijepang biasanya semua convenience store atau yang lebih terkenal dengan sebutan combini, pasti jual Onigiri. Dari yang isi tuna, umeboshi, atau yang udah dimodifikasi jadi rasa kare, ca-han, dll. Harganya pun macem2x, mulai dari 105¥-200an¥. Kalo aku sih paling suka yang tuna/chicken mayonnaise, selaen enak, harganya juga murah. nah khusus untuk onigiri yang dibeli di combini, cara buka bungkusnya ga sembarangan loh! Karena, kalo yang pake nori, biasanya antara nori dan nasi kepalnya itu dilapisin pake plastik biar pas dibuka norinya masi fresh dan ga lembek. Gimana cara buka bungkusnya, ikutin aja petunjuk dimasing2x kemasan ya! hahaha...becanda! Ini dia salah satu contohnya :

Pertama2x, tarik plastik yang menjulur dari pucuk Onigiri(No.1) sampe kearah belakang. Nah sekarang posisi plastiknya udah terbelah dua. lalu tarik perlahan2 sudut 2 dan 3 sambil bagian tengah(nori)-nya diteken, biar ngga ikutan lepas juga.

Gampang kan!! Tapi jangan heran kalo ngga semua orang asing di Jepang tau cara buka Onigiri yang bener walaupun udah setaon tinggal disini^^. Oya caranya ngga cuma satu doang loh tapi ada macem2x, jadi lebih baik perhatikan petunjuk pada kemasan aja ya!!

Nyam..nyam...

11 comments:

  1. Waktu kapan ari aku pernah beli onigiri yg salmon mayo, enak lho. Modelnya kayak yg diceritain, jadi ada plastiknya di tengah gitu. Gak tau lho, untung gak langsung digigit :D

    ReplyDelete
  2. waaa sri akhirnya nongol lagi^^

    Iya..aku suka semua yg pake mayo, soalnya mayo disini rasanya beda^^.
    Hahaha...iya jangan sampe kejebak. Makanya kalo bukanya salah, plastik yg setelah nori-nya tu ga bisa dilepasin. Ikuti petunjuk ya!!^^

    ReplyDelete
  3. maap maap, masih selalu baca koq, cuma kadang2 malas ngetik komen saja :P ini terjadi ke semua flist ^^;;

    Iya, sempat kaget lho, terus baru manggut2 "Oh, ini supaya norinya keliatan fresh toh" XD

    Ngmg2 kapan ari pernah makan onigiri di resto ramen, rasa ikan asin gitu, wah bener2 berasa "nasi kepal" banget. Gak enak! Hiks! Yg di supermarket itu emg enak, cuma jauh sekaliiii.

    ReplyDelete
  4. yah... ampyun jipun yah! ada2 aja hahahaha... tapi kalo disini beli onigiri, cuma di bungkus alumunium foil trus ditaro di kota sterefon

    eh disini ada rumah makan jipun daerah mahakan, yang asli jipun gitu lho~ tapi g enggak tau alamat lengkap na, kek na pernah nulis di blog, karayawan disana itu harus bisa bahasa jepang semua ^^

    ReplyDelete
  5. @sri : hooh, klo yg cm nasi polosan gitu ga enak, klo yg combini punya tu mgkn dah dicampur penyedap rasa nasinya, jadi asinnya pas. Isinya juga yang emang orang pada suka beli.

    @pitshu : iy, mereka kan emang suka bikin yang beda biar ada trade mark tersendiri.

    Maruza bukan? aku ga tau resto2x jepunk di JKT soalnya jarang makan n' dulu nya ga gitu doyan sih. Yang aku tau tu kek Ajisen, trus hachi2x bistro(ini sushinya rasa indo banget^^), trus satu lagi yg menurut aku yummy di plangi depan lift ke foodcourt, soalnya itu tempat menantu Sensei-ku jdnya waktu tu pernah nyobain macem2x pas gratis..rasanya cocok lah ama lidah indo^^

    ReplyDelete
  6. wakakaka....
    klo dipaketin keburu basi tapi^^
    Kasian loh Onigiri disini klo pas malem2x aku suka liatin tu org combini kumpulin yg ud mo expired kadang sampe sekeranjang dibuang gitu aja...andaikan aku boleh minta hauhauha...buat dinner dah...
    duh kasian banget deh diriku ini kesannya...hohoho

    ReplyDelete
  7. aku mau onigiri..hayo inge km harus tanggung jawab karena sudah mosting onigiri disini dan skarang i want it so bad!!! huhuhuhu...

    ReplyDelete
  8. pertama coba onigiri dapet yang nato, kedua kali dapet umeboshi... tobat tobat makan onigiri... maklum dulu blom bisa baca kanji ^^

    ReplyDelete
  9. @inge : itu restonya namanya apa yg di plangi? gak pernah liat kayaknya (saya juga jarang ke situ sih)

    @dans : maap numpang ketawa ya XDD pernah sekali doang makan natto sushi, cuma sepotong itu, dan kapok gak mau lagi! blom pernah coba yg umeboshi sih :P

    ReplyDelete
  10. @sherine: coba bikin sendiri d, keknya gampang. aku sih lom pernah nyoba bikin^^

    @dans: makanye cari yang pake katakana aja kan bs tuh bacanya.チキンマヨ、ツナマヨ(soalnya aku cm suka ini)...klo engga ya belajarlah bahasa jpn atau bawa kamus kemana2x hahaha

    @sri: fusion, humm skrg masi ada ngga ya disana? jgn2 udah ngga ada ya wakakaka...aku terakhir pegi taon kemaren soalnya^^

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...