Tuesday, April 20, 2010

Pelit

Didalem kamus aku, paling greget klo ketemu orang yang "udah pelit, sombong, tukang utang pula". Mending jauh-jauh deh dari aku hahaha... Bukannya gimana, tapi kalo orang itu belum apa-apa dah perhitungan ama aku. Jangan harap deh aku juga bisa cincai balik ma mereka.

Dan sejak sampe beberapa tahun lalu, aku tu ga pernah sadar kalo "ada juga orang yang pelitnya amit-amit luar biasa" sampe beneran ngeliat langsung :P Entah itu emang buat ngirit atau apa, tapi dari kacamata aku sih nonsense banget lah, alias kelakuan mereka itu "konyol".

Selama ini aku punya temen & berteman dekat ama orang, sama sekali ngga pernah tu mikirin masalah duit. Biarpun dikata aku bukan orang kaya raya tapi justru dulu lebih banyak seseknya saking sering ga ada duit, tapi jujur biarpun ngga ada duitpun kalo temen "baek" butuh aku pasti kasih(biarpun mereka jauh lebih berada) dan aku juga ga pernah tu tagih2 kemereka kalo mereka ngga inget. Termasuk duit2 kecil kalo pas makan bareng atau keluar bareng gitu, bener-bener cincai abis lah istilahnya karena mereka juga ga perhitungan ama aku. Misalnya kali ini aku keluar taksi ya next time temen yang bayar gitu(kalo pas ga ada duit kecil).

Tapi ya, aku tu kaget banget sejak ketemu tipe-tipe orang yang menurut kacamata aku "pelit" ini tadi. Misalnya pas pergi bareng, trus kita terpaksa pinjem duit kecil gitu. Besokannya kalo pas ketemu ditagih loh. Bukannya aku ga mau bayar atau belagak lupa, tapi dari situ aku jadi sadar kalo mereka itu perhitungan banget. Karena kejadiannya ngga cuma sekali dua kali tu kalo ketemu langsung tagih, belum sempet ngomong juga. Padahal aku juga udah niat bayar loh saking kadang kasian ngeliat orang pelit & mungkin juga "kere" macam mereka.

Yang lucunya, kalo mereka yang utang... Mereka jarang tuh inget buat langsung balikin kalo pas ketemu lagi. Dan aku tu tipe orang yang males & malu lah sebenernya tagih-tagih gitu. Cuma berhubung kadang tu kebangetan + merekanya juga perhitungan banget, mau gak mau ya aku perlakuin sama lah ya. Jadi jangan harap kalo punya utang ama aku ngga aku inget2x biarpun dikata cuma 1Yen tetep aku bakal tagih.

Belum lagi, tipe orang yang pelitnya kalo pas ada event trus dimintain sumbangan susah banget~ Pasti deh ada seribu alesan yang intinya "aku lagi bokek", padahal kalo expendnya buat diri sendiri aja "foya-foya". Jadi intinya, kalo dimata orang lain "aku tu kere loh, jadi jangan minta-minta lah" - kemana mana selalu bawa sign ini.

Ada juga, yang pelit & selalu minta dikasihani. Kesannya itu ngemis banget supaya minta temennya simpati, biar pada ngumpulin receh buat dia. Nah ini aku juga sebel~ Biarpun kadang miris & kasian juga sih. Cuma kalo udah berkali-kali jadi parasit(lumayan kan kalo ngumpulin receh dari satu dua orang temen yang simpati), mending jauh-jauh deh. Karena akhirnya yang jadi motivasi temenan itu cuma karena duit.

Ada lagi tipe yang : pelit sombong. Kalo ini lebih minta dijitak lagi. Entah mungkin karena mulutnya kali ya kebiasaan buat ngomong "aku ga ada duit" melulu. Sampe muak kadang dengernya, tapi trus tiba-tiba sukanya pamer dueeerrrr "aku beli ini loh", "aku bakal holiday kesini loh", "aku abis investasi ini", "aku abis ngebantuin si ini", "aku abis ngeluarin duit buat ini loh", etc... Jadi sekalinya dia keluar duit langsung show off dan aku yang turn off buat dengerinnya hahaha.... Apalagi kalo yang koar-koar, aku beli ini loh buat si ini, buat kamu juga bla bla bla... Yang kesannya WoW, tapi ternyata cuma omdo~ Bukannya aku dikasih apa ama orang trus ngga menghargai, bukan~ Tapi aku sebel aja ngerasa kadang dijadiin objek show off-nya itu. Karena dia ngerasa "ngasih barang seiprit"(yang menurut dia WoW ) itu emang udah sepantasnya buat bikin pengumumam keseluruh dunia..... termasuk kalo pas beramal~ Beramal aja pake perhitungan loh! Dan ini aku juga ga abis pikir, ada gitu ya orang masih itung-itungan sama Tuhan -_-'.

Jadi jangan salahkan aku kalo jadi orang perhitungan bin pelit kalo ngadepin orang macam begini. Daripada makan ati juga diutangin mulu, trus yang ngutang belagak pilon lupa ingatan :P mending laen kali semua kudu bayar dimuka. Dan daripada ngeluarin duit buat orang macam begini, bagusan duitnya diamalkan sajalah lebih iklas.

Berapa persen yang udah kalian keluarkan buat orang yang membutuhkan, daripada semua yang sudah tercukupi??? Hanya Tuhan yang tau kali ya~ Tapi buat aku, namanya rejeki itu ngga bakal jauh-jauh kalau memang udah jadi jatahnya kita. Malah kalau bisa, semakin banyak memberi semampunya sampai limit yang paling minim sekalipun karena mungkin orang lain jauh membutuhkan daripada aku. Dan lagi, duit ngga dibawa mati kog^^

The Widow's Offering
41Jesus sat down opposite the place where the offerings were put and watched the crowd putting their money into the temple treasury. Many rich people threw in large amounts. 42But a poor widow came and put in two very small copper coins,worth only a fraction of a penny.

43Calling his disciples to him, Jesus said, "I tell you the truth, this poor widow has put more into the treasury than all the others. 44They all gave out of their wealth; but she, out of her poverty, put in everything—all she had to live on."(Mark 12:41-44)

God Bless You~
Congrat

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...