Tuesday, July 15, 2008

Bekerja & Kabur

Huah, pagi-pagi nyampe kantor udah dapet link yang membuat hati miris(hiperbola banget ^^). Jadi beritanya tentang 研修生(kenshuusei-trainee) asal Indonesia yang kabur saat bekerja di JPN sini. Padahal nih mereka dateng dengan modal pelatihan plus biaya transportasi dari perusahaan sponsor(biasanya sih begitu). Jadi sebelum baca lebih lanjut lagi coba deh baca dulu beritanya di sini.

Yang pengen aku tulis ini sebenernya cuma opini aku aja, & tidak untuk bermaksud buat nyinggung pihak manapun(waduuhh bahasanya berat oii!). Ya intinya aku mau mulai cuap-cuap nih. Aku dulu juga pernah ngalamin yang namanya masa-masa jadi kenshuusei sebelum akhirnya terdampar disini. Tapi mungkin ngeliat dari isi berita yang ditulis di website tadi, kayanya mereka yang disebut kenshuusei di perusahaan mobil itu biasanya kerja di bagian manufactur sebagai apa ya istilahnya technician?? Humm tapi ada juga yang jadi pengawas, ngontrol mesin, dll. Mereka biasanya sebelum dateng diberi pelatihan bahasa dan 技術(gijutsu-technology).

Setau aku yang bisa join program kenshuusei semacem ini biasanya lulusan anak-anak STM atau D2, D3 dan sebangsa-nya deh. Training di Indo 3 bulan buat belajar dasar-dasar bahasa JPN dan budaya lalu dikirim kesini selama 1-2tahun dengan status masih kenshuusei tapi kerja di perusahan-perusahaan itu tadi, yang tentu saja digaji. Standard gaji untuk kenshuusei sendiri beda dengan standar gaji pegawai kantoran, bahkan kadang bisa lebih kecil dari hasil kerja part time yang serabutan/kasar. Mungkin karena statusnya yang kenshuusei alias magang kali ya, tapi cukup kog buat biaya hidup + nabung(buat beli rumah dikampung kalo uda balik nanti). Jadi sebenernya tujuan mereka didatengin kesini kan memang untuk belajar tapi juga dihargai, makanya diberi kompensasi, kadang malah tempat tinggal, asuransi kesehatan, dll sudah diurus perusahaan.

Tapi rumput tetangga memang selalu kelihatan lebih hijau dan bagaikan ular lupa akan kulitnya(ada ga ya peribahasa ini??). Begitu sampe disini, ada aja yang ngerasa ngga puas. Bisa jadi karena mereka ngerasa udah bisa adaptasi sendiri disini & juga ngerasa kog ternyata gaji yang dikasi ngga sesuai ya? buat menuhin kebutuhan hidup disini, atau memang pingin banget ngedapetin yang lebih setelah ngeliatin orang-orang yang ilegal bisa dapet duit 2x lipet lah, ngga perlu bayar pajak lah, asuransi lah, dll. Akhirnya kaburrrr deh. Walaupun mungkin alesannya ngga cuma itu, karena bisa jadi mereka disini tertekan atau dipekerjakan tidak layak, tapi seharusnya itu udah ada aturannya kalo mereka dateng kesini baek2 apalagi kerja diperusahaan gede semacem Toy*t* gitu, ga bakalan lah ada yang namanya penipuan.

Tapi begitulah, manusia ngga pernah merasa puas, selalu kepengen lebih. Tapi cobalah direnungin lagi. Kesempatan mereka kesini, datengnya darimana kalo bukan perusahaan sponsor? Tapi belum selesai kontrak malah udah kabur. Kesannya kan seperti ngga tau terima kasih memang, tapi bisa juga mereka bakal bilang : “emangnya kalo kita mikirin mereka terus, mereka juga bakalan mikirin kita?”. Aku ga bisa bilang keloyalan mereka apa bisa dibalas setimpal. Tapi kalo mereka terus-terusan mikirin diri sendiri dampaknya bakalan kena ke orang lain. Mungkin bisa jadi orang JPN akan lebih milih orang-orang dari negara lain yang bisa lebih setia, dan ngga akan ada lagi kesempatan buat Indonesia.

Menurut aku, mungkin saat ini rasanya sepert tertindas harus kerja dengan gaji yang ga seberapa. Tapi kita dari awal udah komitmen dengan kontrak yang ada. Maka berusahalah dan tunjukin kalo kita memang pantes buat dipekerjakan dan dibayar layak. Dan jangan lupa jaga manner, karena otomatis disini kita ngebawa nama negara. Aku yakin kalo seandainya semua orang Indo yang kerja disini bisa sungguh-sungguh, level negara kita bakal naik dan ngga dipandang rendah sebagai pekerja murahan. Dan lagi semakin buka kesempatan buat mereka-mereka yang ingin mencoba.

Mungkin apa yang aku tulis ngga sepenuhnya bener, tapi ini apa yang aku liat & rasain sebagai TKI di negri orang. Memang si rasanya berat walaupuna ku sekarang statusnya pegawai kantoran. Tapi kesini juga dengan status yang sama yaitu 技術者(gijutsusha-techinician/engineer). Jadi sebisa mungkin sih aku bakal berusaha walaupun kadang rasanya emang ngga adil banget hahaha. Tapi kalo aku egois mikirin diri sendiri, nantinya ngga ada lagi batch 4..5..dst.

Next time aku ceritain kenapa&bagaimana aku bisa sampe trus kerja disini. Tunggu ya di tulisan peryaan satu tahun di negri matahari terbit wakakaka. Semangat!!

1 comment:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...