Thursday, July 10, 2008

Kerja sampai Maut menjemput

Lagi-lagi ada berita karyawan mati gara-gara overwork yang terlalu amat sangat berlebihan(site). Ya, mungkin seperti yang semua orang tau kalo JPN tu salah satu negara dengan overwork dan tingkat stress yang lumayan tinggi. Tapi sebenernya aku ngeliat banyak juga yang sudah dilakukan sama mereka-mereka yang perduli dengan [kesehatan] JPN supaya masalah seperti ini bisa diatasi. Contohnya dengan ada yang namanya peraturan untuk Overwork yang ditetapin masing-masing perusahaan plus bantuan untuk konsultasi masalah kesehatan mental(Mental care termasuk dalam asuransi kesehatan). Jadi, kalo ngeliat keadaan JPN, dengan penduduk yang ngga seberapa(khususnya yg berumur produktif untuk kerja) plus tuntutan dari teknologi yang mereka mau jual ke seluruh dunia, sudah pastilah mereka kewalahan.

Coba kita ambil contoh saja dari kantor aku/temen-temen deket aku yang lain. Jam kerja disini rata-rata antara 7-8jam tergantung dari masing-masing perusahaan. Tapi sudah jadi hal umum kalo dalam sebulan pulang tenggo bisa dihitung dengan jari, kecuali ada ketentuan khusus(terutama buat dispatch personel). Dan mungkin emang dari kuantitas kerjaannya yang banyak, terkadang mau ngga mau emang harus overwork sich. Tapi ada kantor yang menerapkan sistem [hari tanpa lembur], satu kali dalam seminggu(lumayan lah ya), tapi bisa jadi hari-hari berikutnya jadi makin nambah overwork-nya. Dan memang gitu sich kenyataan yang dialamin temen aku. Atau bisa juga, terpaksa harus masuk kerja di hari liburnya seperti sabtu, minggu, dll.

Tentang ketentuan apakah lembur itu dibayar atau tidak, itu juga tergantung dari perusahaan. Kalau seandainya dibayar, ya lumayan dunk(soalnya bayarannya lebih gede), tapi kalo engga....ya nasib namanya. Cuma ngelihat loyalitas orang JPN dalem pekerjaan si pastinya ngga masalah si buat mereka dibayar atau engga karena paling ngga penghasilannya udah pasti cukup sich kalo aku bilang. Trus lagi buat yang jabatannya udah diatas. Pasti ngerasa ngga enak donk kalo pulang sebelum bawahannya pada selese kerja & pulang. Soalnya kalo engga, siapa yang jadi penanggung jawab dunk? Makanya susah juga ya....

Sekarang ini, jam lembur maximal yang ditentuin pemerintah adalah 80 jam sebulan atau sama dengan 4jam sehari untuk 20 hari kerja. jadi ibaratnya kerja jam 9AM-6PM, berarti kudu lembur sampe jam 10 selama 20 hari(atau ditambahkan ke hari libur). Siapa yang tahan coba? tapi sekali lagi....apa mau dikata memang tuntutannya yang seperti itu sih. Cuma ngga semua orang bisa patuh ama ketentuan ini, dan masi banyak yang ngelanggar, dan lembur bahkan sampe 100jam perbulannya. tapi kebijakan baru mengharuskan mereka yang lembur lebih dari 100jam untuk konsultasi ke dokter dan check kesehatan lagi.

Tapi masalah overwork ini bukan hanya salah dari perusahaan atau pemerintah yang kurang tegas, tapi terkadang bisa jadi karena memang kebutuhan yang meningkat, entah itu kebutuhan konsumen yang meningkat atau emang pekerjanya itu sendiri yang lagi butuh duit. Ini diliat dari tingkat konsumtif orang JPN yang lumayan WAH deh untuk kota-kota besarnya, jadi mau ngga mau mereka perlu ngumpulin uang juga kan. Tapi kalau sudah begini, apa uang bisa membeli nyawa yang hilang???...(coba saja)

NB : Mohon maaf sumber & bahan-nya masi belum begitu jelas, nanti aku tambahin lagi.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...