Wednesday, September 3, 2008

My Journey - Japan [Part1]

Dari kemaren2x sibuk ama kerjaan, sebernya sih ga sibuk cuma pusing aja. Si bosnya udah males2xan gitu, apa ini tanda2 aku bakal dipecat ya? Wah seneng dunk yippieee...kog malah seneng ya?? Abisnya, sejak disini aku jadi sebel ama IT gara2x kerjaannya cuma ngelus2 si tikus, pencet2x papan ketik ama gotong2x monitor. Kalo si klien balikin aku ke kantor outsource ku, ya seneng lah karena otomatis aku bisa ada kesempatan buat jajalin kerjaan laen[iya kalo ada n' bisa milih!].

Pasti buat yang ngga ngerti pada bingung deh maksudnya gimana? Sebenernya topik yang pengen aku ceritain kali ini tentang kerjaan. Asal muasal sampe gimana aku bisa sampe disini. Ini semua jujur menurut opini aku tanpa bermaksud menyudutkan atau menjelek2an pihak manapun karena aku juga masih banyak kekurangan. Inilah dia Perjalanan-ku sampai di Jepang.

Awal mulanya, waktu taon 2006 aku baru lulus kuliah jurusan IT, kebetulan sebelum lulus aku udah dapet gawean walaupun statusnya masih magang, tapi begitu selesai langsung jadi fulltime walaupun statusnya masi dianggep magang. Nah berhubung status yang ngga jelas ini nih(padahal gaji udah didouble-in), aku mulai cari2 lowongan kesana kesini antara lain : Ast*a, Win*s dan apa lagi aku lupa yang pasti cuma dikit deh berhubung aku waktu tu pengen nyari kantor yang bisa mindahin aku ke luar JKT. Ngga sengaja waktu rajin search di BinusCareer, ngeliat ada lowongan untuk kerja ke Jepang dari perusahaan Fullcast, dan kebetulan syaratnya juga standar lah. Akhirnya setelah ikutan briefing, ternyata harus ambil TOEFL, ikutan psikotest plus programming. Ribet juga sich aku pikir, soalnya ngga bisa nyolong2x waktu lagi buat bolos ngantor tapi berhubung ada temen yang ngomporin akhirnya nekat juga.

Akhirnya tes demi tes dilalui dan sempet kaget waktu dinterview pake bahasa Inggris ma bu Far**h(Manajer BiCar). Padahal sebenernya aku tu paling demen interview, tapi begitu partnernya ngomong inggris aku langsung sesek napas. Sampe akhirnya terakhir interview ama orang Fct pun pake bahasa Inggris. Nah yang terakhir ini, beneran aku ngga pede banget jadi cuma cerita seadanya sesuai profile yang udah aku tulis. Malem sebelomnya aku dah nangkring terus dikamar temen yg lulusan sastra inggris, tapi tetep aja ngga dapet wangsit. Selesai interview ternyata hasilnya ngga langsung keluar, katanya kalo diterima ntar langsung ditelpon. Keselnya waktu itu sempet ada yang ngomong kek gini : "Yaa, cewenya kan udah sisa 3 org tuh. Paling nanti buat penggembira deh jadi pasti chance buat keterimanya gede". Untung waktu tu aku saking deg2annya ga ambil pusing, tp kalo engga mgkn udah aku gamprat kali tu orang, secara semua juga bisa lulus sampe step ini tu karena mereka berusaha(gw sih kagak hahaha).

Trus besoknya, pagi2x jam 6 disaat diriku masih dialam mimpi tiba2x aja si HP bergetar2x. Ternyata orang dari Binus ngabarin kalo aku lolos seleksi dan jam 10AM dah kudu stand by di kampus buat tanda tangan kontrak. WHAT...belom juga sadar. Langsung puyeng tujuh keliling, oH mI Got...gimane ini?? Langsung telepon sana dan sini "Mak, aku diterima kerja di Jepunk? Trus gimana ini? Aku kagak punya duit buat deposito-nya itu loh." Si nyokap juga kelabakan soalnya jelas2x aku tau ngga mungkin minta duit dadakan segitu. Sempet mau mengundurkan diri, tapi si Emak bilang terima aja deh dulu nanti duitnya kita pikirin belakangan.

Akhirnya itung2x duit abis gajian mungkin bisa kali ya buat nyicil baru cukup 3/4. Tapi akhirnya tetep dateng ke acara serah terima. Ngeliatin muka calon2x TKI yang pada sumringah semua sedangkan diriku pusing 7 keliling, untungnya si kompor(stiv) juga keterima, El juga jadi paling ngga ada yang aku kenal. Akhirnya selesai acara aku ngadep bu F sang manager BiCar buat ngomongin masalah keuangan ini. Dan dikasih nyicil sampe 1 minggu[dengan syarat rahasia!]. Tapi tetep aja...duit dari mana ya seminggu Y___Y Akhirnya semua tabungan disetorin, trus dapet sumbangan juga dari iik aku plus dari mom juga. Tapi yang jadi masalah, ntar bulan depan dan seterusnya gimana buat bayar kosnya ya? Duit makan? Duit beli sabun dll? Padahal training masih sampe taun depan dan fulltime, ini berarti aku ngga bisa kerja lagi dunk??

Tambah pusing deh.....(bersambung ke part-2)

6 comments:

  1. aduh, jadi pengen tahu syarat rahasianya ^^
    ternyata stiv itu si kompor toh.. huahaha

    ReplyDelete
  2. Syaratnya ya itu : rahasia...wakakaka
    iy tuh makanya jangan deket2x supaya ngga kebakaran^^

    ReplyDelete
  3. asik ceritanya..mari kita ikuitn ke part 2....
    *langkah cheng cheng*

    ReplyDelete
  4. wakakkaa...thx nie ud mau baca tulisan acak adut ini huehuehue.

    ReplyDelete
  5. Inge, seru juga perjalanmu ke Jepun... kayaknya keputusan yg baik ya, Nge untuk karir...

    Adik gw juga di Binus, kira2 abis lulus bagus kerja di konsultant ya?

    ReplyDelete
  6. HoHo..bagus apa engga si tergantung y c vin, coz disini klo kerja kerasa banget ada gap untuk orang asing. Kecuali klo kerjanya emang diperusahaan asing. Kerja di Indo juga OK kog, tapi kadang kesiannya tu ada yg sering dibayar ngga sesuai skill...

    Satu lagi...kerja disini naeknya tu slowly but sure..jadi kesannya lamaaaa banget buat niti karir termasuk gaji juga. Kecuali mo jadi kutu loncat ya^^. Klo di indo bisa colek2 + ancem si bos dikit2x buat naek keatas yaaa....[budaya KKn]

    Konsultan apa? IT? Klo iya, coba dikonsultasikan ama si dans↑↑ hohoho si Tukang Konsultan.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...