Wednesday, September 3, 2008

My Journey - Japan [Part2]

Ngga sampe sebulan dari pertama kali apply sampe masuk training hari pertama. Feel so excited sekaligus setress, soalnya aku ga pernah ada interest ke jepang cuma demen baca komik serial cantik doang tapi sekarang harus belajar bahasa dan budaya juga. Bener-bener aku ngga siap mental ama sekali, jadilah awal2x training yang masih belajar buat persiapan TOEIC-pun aku sering dateng telat dan ngga fokus ama pelajarannya. Masalahnya, aku terlalu sadar diri kalo kemampuan bahasaku bener2x jongkok jadinya ketinggalan terus dan ngerasa minder.

Untungnya pulang training di kos ada temen2x yang selalu support-in. Selaen itu tentang masalah keuangan kek-nya masi bisa ditanggulangi karena ada saudara yang berbaek hati buat bantuin jadi aku bisa bayar uang kos buat setaon kedepan(padahal harga sewa kos-ku waktu itu 1thn sama seperti sewa 3bulan harga kos baru disekitar binus). Trus untuk bulanan, iikku berbaek hati untuk support tapi ya tentu aja limit banget. Intinya, aku ngga bisa abisin lebih dari 100rb per minggu. dan selama training aku dapet jatah makan siang. Bener2x thx God Banget.

Mulai masa2x training dengan belajar...belajar...dan belajar. Buat aku yang ngga punya interest rasanya bener2x berat. Setiap ada quiz nilaiku selalu merah belum lagi untuk apalanin begitu banyak hal baru mulai dari huruf, vocab, grammar bener2x bikin aku eneg dan ngerasa ngga enjoy. Aku juga ngga deket ama anak2x yang laen karena aku ngerasa tujuan aku beda ama mereka. Dan diawal2x pun waktu semua makan siang, aku malah pulang ke kos ato balik ke kantor dulu buat selesaiin kerjaan-ku sebelum bener2x resign tanpa konpesasi apapun.

Mulai bulan2x berikut udah berusaha untuk enjoy, walaupun nilainya ngga membaik tapi paling ngga masih bisa nerusin deh. Tapi sekarang ngga cuma belajar bahasa aja melainkan bahasa dan komputer. Aku lebih enjoy di Lab dibandingin di kelas Jepang, walaupun kadang aku bener2x ngga ngerti apa yang jelasin tentang komponen2x embeded system dsb. Tapi paling ngga lebih ngerasa, ini duniaku..cieeh.

Ternyata setelah melewati training demi training, ketemu dengan banyak sensei dan pengalaman baru ternyata hanya meluluskan aku sampe di level 3 JLPT saja, bahkan untuk ngomong/mengutarakan sesuatu dalam bhs jepang aja susah banget. Akhirnya perjanjian awal yang semula dengan lulus level 3 saja sudah bisa pergi ke jepang dinaikkan menjadi level 2 dan hanya dalam waktu 4-5 bulan dari level 3 tadi harus sudah bisa lulus.

Oh God, waktu itu rasanya udah berat banget dan pengen nyerah aja. Tapi untungnya banyak temen yang bisa jadi support mulai dari sekedar dengerin keluh kesah, nemenin aku makan, nemenin aku belajar, ajakin jalan2x dll. Akhirnya....aku ngga lulus! Iya... aku ngga lulus sebagai anggota GET program Indonesia Batch pertama kloter pertama, tetapi harus nunggu buat jadi kloter ke dua(lebih mundur 2 bulan).

Sampe akhirnya hari itu tiba, 30 Juli 2007 aku bisa berangkat ke Jepang. Dunia baru, suasana baru, kereta yang membingungkan, bahasa yang ngga jelas, semuanya yang bikin aku ngerasa bener2x ditempat yang beda. Ini pertama kalinya buat aku keluar negri, buat temen aku ini pertama kalinya dia naik pesawat dan juga keluar pulau jawa.

Sampe disini bukan berarti perjuangan berenti begitu saja. Kita harus belajar lagi, dan lulus untuk tes setiap bulannya. Aku lulus di bulan ke-3 dan dengan berat hati pisahan ama sensei n' temen2x training dari negara laen yang udah mulai jadi temen baek buat ngegosip.

Lulus test berarti ditempatkan di kantor cabang. Karena perusahaan ini adalah perusahaan Outsourcing, setelah di kantor cabang artinya kita siap untuk dijual ke klien sebagai tenaga IT. Aku akhirnya ditempatin di Cabang Tokyo. Sebelumnya ada temen yang udah ditempatin disini, tapi akhirnya mereka dipindahin ke cabang laen jadilah waktu itu aku sendiri dan harus berusaha sendiri buat kenalan ama yang lain.

Hari2x pertama bener2x udah pengen mati aja. Ada 1min speech, discusion session, daily notes, plus diwajibkan beramah tamah. Bener2x ngga pede ama bahasa aku, tapi untungnya aku nemuin beberapa temen2x yang baek(jadi inget dah lama ngga contact mereka). Akhirnya setelah sebulan penantian, tiba2x sang salesman dateng buat nawarin kerjaan dan entah bagaimana rasanya cepet banget harinya aku harus pergi interview. Jujur disatu sisi seneng, juga sedih, juga deg2xan. Seneng akhirnya ada kesempatan, sedih karena harusnya temen2x yang udah lebih dulu juga dikasi kesempatan karena aku masi berat harus pisahan lagi-adaptasi lagi, deg2xan karena untuk kesempatan pertama biasanya sulit buat lolosnya. Jadinya aku cuma diem2x aja sampe udah selesai interview baru kerasa lega.

2 Mingguan setelah selesai interview, ternyata aku diterima dan ngga pake lama deh buat langsung masuk ke klien sampe ngga sempet perpisahan ama temen2x yang laen karena dadakan banget. And here i am...ditempat kerja aku yang sekarang setelah 2thn perjalanan dari waktu itu dan setahun setelah sampai disini.

Banyak hal yang udah berubah, banyak hal yang aku terima, banyak juga yang aku udah lepasin. Tertawa-menangis, pertemuan-perpisahan, menerima-memberi dan banyak lagi. Yang pasti aku ngga menyesal akan masa lalu tapi yang pasti aku akan terus berusaha lebih baik. Ini cuma bagian kecil dari perjalanan hidup aku, dan berharap masih banyak hal baru yang bisa aku pelajarin. Tapi 2thn lumayan banyak merubah hidup aku. Aku ngga bilang kalo aku jadi lebih baek tapi aku juga ngga bisa bilang ini semua jelek...tapi aku terima semua apa adanya.

Bener2x thx banget buat Fam, nTk, Yun, Tes, Fel, Vin, Mar, stiv n' K yang udah bantuin aku sampe bisa ada disini juga temen2 LK. Moga2x aja aku masih bisa terus yach. Khusus buat K tugasmu belum selesai buat bantuin aku jadi Master of Japanese yach!

Buat anak2x GETI batch 2, 3 dst, aku ngga bisa bilang Fullcast itu jelek ato baek. Mungkin mereka pelit ngasih gajinya kecil, mungkin mereka cerewet, mungkin mereka ngga becus cariin kita kerja, mungkin mereka terlalu banyak nuntut tapi setidaknya mereka ngasih aku kesempatan buat kesini. Mereka juga naruh separuh investasinya untuk GET ga cuma di Indo aja. Jadi ini semua pilihan kalian, kalau ngga memuaskan ya silahkan cari yang lain tapi ngga perlu menjelekkan. Jujur aku juga berharap bisa cari kerjaan sendiri, tapi karena udah ada komitmen aku sih berharap sampe selesai kontrak baru dipikirkan step selanjutnya.

Semua pilihan ada ditangan kita, tapi manusia boleh berencana tetep Dia-lah yang memegang stempel lulus atau engga-nya.

Y udah deh, cuapeeee....panjanggg ya!

8 comments:

  1. eh ada nama gua loh *malu*
    (padahal belom tentu bener)

    gua baru tau perjuangan lu dengan detail. selamat ya udah sampe disana, udah kerja, udah merasakan 4 musim disana, udah ketemu orang2 aneh, udah belanja sepatu, udah ketemu jodoh (semoga iya kan?). gua yakin lu pasti bisa bertahan dan berkarya disana. coba buat nikmatin setiap moment disana, ga banyak yang punya kesempatan kaya gitu.
    semoga kalo balik indo uda bisa buka bisnis sendiri.
    GBU.

    btw.. tanggal berangkat ke jepangnya ga salah ya? --> Sampe akhirnya hari itu tiba, 30 Juli 2009

    ReplyDelete
  2. @sri :yupe^^

    @fel :wakakka...bener kog, padahal gw mo nyela lu klo lu ga nulis (padahal belom tentu bener)^^

    Yups, gw pasti berusaha buat menikmati..siapa tau gw skrg bilang gw benci disini tp akhirnya malah beranak cucu disini sampe tua. Kita ngga pernah tau rencana Dia, yang penting berusaha...

    Jadi lu jg kudu semangat fel...ngga banyak yang dapet kesempatan kek lu, even me who was so envious about your talent... wakakak... makanya jgn pernah nyerah ya!! Pasti ada jalan keluarnya kog.

    Ups, iya salah taon...thx buat ralatnya segera gw edit...

    ReplyDelete
  3. sedih ya..
    kalo u beranak cucu disana kapan kita ketemuan?
    :P

    nothing to be envy.. gua malah pengen banget ke jepang. apalagi waktu u baru masuk itu. gw mikir 'kok gua ga ikut aja ya' *sambil nyesel (waktu itu gua liat iklan nya, tapi lagi kerja di ela)..

    akhirnya karena gua nyesel ga ngambil kesempatan ke jepang itu, gua jadi berani untuk ikut test di tempat kerja gua yang sekarang. kalo ga, mungkin gua ga pindah kesini. setelah pindah malah kehilangan arah :P

    semua memang punya jalan nya masing2.

    ReplyDelete
  4. *setelah mengikuti ceritanya sebanyak 2 part*
    waaaaah..hebaaat.
    gue juga pengen kerja diluar negeri. pengen deh punya pengalaman kayak yg di ceritai org2. cowo jepang cakep2 ga kayak di komik n di pelem?
    baju mereka aneh2 ya? waktu pertama kesana..serasa dinegeri alien donk. bahasanya ga ngerti ya? hehehe..

    gue lagi apply2 buat kerjaan diluar daerah nih. sayangnya belom ada panggilan satupun *kecewaberat*
    fufufufufu..

    eh sorry, jadi curhat. :D

    ReplyDelete
  5. @elf : wakaka...selama masi ada sumur diladang pasti kita berjumpa lagi kog ^^...
    YUpe kadang kita ngga nyadar ama jalan yg udah dia tentuin buat kita, mo ngelawan pun kadang ngga bisa, karena kanan kiri jurang jadi bisanya lurus doank....

    @nie : wkakaka iya pengalaman diluar emang kadang ngga pernah kebayang sebelomnya..bahasa alien..orgnya jg tampang alien...dan entah kenapa aku sampe skrg g apernah kepikiran buat cari co jpn, ga dapet feelingnya hauhaua...

    coba ke Sg aja nie..apalagi kmu IT juga kan! Chancenya lumayan gede kog..n klo mau aku bisa mintain bbrp link ke temen aku siapa tau bisa^^

    ReplyDelete
  6. Ingee... wahh bener-bener pengalaman hidup yg gak bisa dilupain yaa... Gw salut sama lo, semoga apapun yg lo kerjakan sukses ya! GBU, Nge....

    Ganbatte Ne, artinya Ciayoo yaa? Heheheh....

    ReplyDelete
  7. Waaa..ini belom ada apa2nya lah kalo mo dibandingin orang laen. Aku ngeliat temenku yg berjuang lebih keras dari aku langsung jadi malu, krn kadang aku ngerasa ngga pantes aja buat nerima hal2x kek gini. Cuman pas kebetulan jalannya aja kek gini dan yang pasti seberapaun usaha kita, Dia menghargainya kog.

    Jadi semua org juga harus semangat ya! Krn mungkin semua jalan berbatu nantinya jg bisa jadi jalanan aspal yang mulus..tinggal dikerjakan sungguh2x + menunggu waktunya tiba^^.

    Yup Ganbatte[頑張って] = JiaYou[加油] = Semangat!!!

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...