Tuesday, September 9, 2008

a Wisdom Tooth

Ah hari ini bener2x......bener2x cuapek. Bukannya cape ngapain tapi cape mikirin geraham bungsu aku yang udah bertaon2x cuma nongol seuprit dan lagi kumat rewelnya. Kalo udah kek gini biasanya jadi cenut2x ga jelas, bahkan ngerembet sampe ke kepala walaupun buat kali ini kadarnya masi normal dan ga separah taon kemaren.

Makanya hari ini pulang kerja aku bela2xin mampir ke dokter gigi di Machida. Duh udah deg2xan aja mo ke dokter. Soalnya kalo inget dulu waktu masih di Indo tiap mo ke dokter pasti bingung : dokter mana yang bagus dalam artian bagus penanganannya plus bagus diharganya. Soalnya dokter2x di ehmmm Indo tu kadang gelo2x ya....Masa ada yang cuma cabut gigi sebiji disuruh bayar 600rb, trus aku dulu sakit cacar aja obat doang dah mo sejuta, kena campak tuh juga. Bukannya bikin sembuh tapi bikin stress aja ya tu dokter2x. Mentang2x ada obat yang nye-sponsorin aja trus ngga pake nanya pasiennya mau pake generic ato yang laen tapi langsung tulis resep. Buat bpk/ibu dokter, mbok ya mikirin pasiennya dikit lah jangan cuma mikirin bonus jalan2x/seminar ke LN dari hasil jualan obat aja. Makanya ada baeknya si dokter2x ini siapin angket buat para pasiennya yang baru pertama kali dateng, seperti yang aku alamin hari ini.

Jadi sebelumnya ada temen yang pernah dateng kesini juga, jadi aku udah nanya2x dulu. Dan kebetulan kalo punya 保険(hoken-asuransi kesehatan), kita cuma perlu bayar sekita 30% aja kira2x. Kalo ngga punya asuransi, biaya pengobatan disini lumayan mahal loh tapi aku juga kurang pasti periciannya seperti untuk rumah sakit atau sekedar sakit biasa.

Aku nyampe di DG sekitar jam 7.20PM, sampe sana celingak celinguk dulu plus deg2xan karena baru pengalaman pertama. Trus ke meja susternya buat registrasi. Si suster tadi cuma minta kartu asuransi aku trus dikasih lembar registrasi. Disana ada pertanyaan2xnya gitu. Mampusnya ngga semua kanji aku bisa baca, kaya misalnya ada pertanyaan : alesan kamu dateng? dipilihannya ada gigi sakit, periksa rutin, dan yang laen aku ngga ngerti itu apaan. Mo jawab gigi sakit juga bukan, wong sakitnya gara2x tumbuh gigi kog. Berarti gusi...cuma aku ga tau yang ditulis dipilihannya itu gusi bukan yach? Kek ujian aja. Ada juga pertanyaan : Tindakan apa yang kamu inginkan dari si dokter : cuma benerin bagian yang kamu minta, terserah si dokter(kalau bagian lain jg dirasa perlu untuk diperbaiki ya diperbaiki). Masih banyak pertanyaan2x lainnya seperti mo pake full 保険 ga? Terakhir ke DG kapan? Lalu tindakan DG-nya apa? Alergi? Berapa kali gosok gigi sehari? dst...Bikin tambah cenut2x aja ya suruh jawabin pertanyaan kek gituan.

Berhubung aku datengnya ngga pake 予約(yoyaku-appoinment) dlu jadilah aku kudu nungguin orang2x yang udah pake janji. Otomatis jadi pasien terakhir karena semua yang dateng ternyata emang janjian dulu. Jam stgh 9an baru bisa masuk, tapi sebelum itu aku asik nonton tipi yang nyiarin acara binatang2x lucu/imut. Oiya, tempat prakteka DG ini kecil tapi cozy banget dan si DG ini ternyata cuma sendirian loh dari pagi ampe malem. padahal aku kira berdua gitu soalnya sekali masuk pasti 2 pasien sekaligus. Ternyata dia punya asisten 2 orang yang tugasnya ngelap n' ngepel gigi HoHoHo maksudnya bersihin gigi gitu..pokoknya persiapin gigi kita sebelum ditanganin si DG ini. Nantinya si DG cm ngelanjutin main course nya aja ngga pake appetizer ato dessert. Makanya cepet. Selain itu nambah 2 orang suster lagi yang bantuin mereka.

Belum lagi perlengkapannya lengkap gitu, jadi buat ambil foto x-ray dari gigi aku juga disana langsung. Trus sebelum mulai dia tunjukin alat2 yang dia pake buat aku masih dibungkus rapet dan dia bilang ini steril n' masi disegel, baru dibuka. Trus disuruh mangap2x lagi sambil difotoin bagian dalem gigi aku...sebenernya normal sih tumbuhnya, justru yang disi laen yang ga normal. Cuma ternyata diatas juga udah keluar dan berhubung ini gigi gendut2x jadinya ga muat yang dibelakang karena keteken dr atas kalo pas mingkem, makanya sakit. JADI, kata dokternya kalo aku mau sebaiknya cabut yang bagian atas aja, nanti bakalan jadi 楽(raku-lega) deh.

Sempet mikir...yah ompong deh! Yang sakit dibawah kog yang dicabut yg atas ya? Tapi bener juga sih. ato mungkin emang paling gampang emang cabut yang atas karena udah nongol. Cuman rahang bawah aku ini juga sebenernya udah ngga muat gitu. Kalo yang atas dulu waktu SMA aku pernah nyabut 1 gigi taringku, karena tiba2x aja tumbuh tapi gingsul. Awalnya si manis, lama2 jadi kek drakula dan bikin aku klo abis ngakak suka nyangkut pas mo mingkem. Akhirnya aku relain nyabut tu gigi yang ternyata abis ditarik semua panjang banget loh(2cm gitu). Makanya yang rahang atas masi muat. Nah yang bawah nih yang dah ga muat. Pengen deh cabut trus pasang kawat, tapi di JPN mahal ga ya?? Ada yang tau ga ya tempat yang murah???

Balik ke DG tadi, akhirnya aku cuma dibersihin dikit doang giginya trus disuruh balik lagi buat nyabut. Karena pengen weekend aja, dapetnya masih 2 minggu lagi. Lama yaaa...Alesannya kenapa ga bisa saat itu ato secepetnya karena mereka harus order obat dulu karena ga pake beli2x diapotik luar. Trus udah gitu terima tagihan ama obat. Totalnya sekitar 13rban tapi karena pake 保険 bayarnya jadi 4rb aja. Kata El, yang pertama kali emang mahal karena pake difoto segala, tp kalo udah perawatan sih ga sampe segitu paling cuma 1-2rb aja. Ya iklasin deh, biar gigi-ku lebih awet.

Pulang kerumah langsung masak2x trus makan padahal dah malem banget. Oiya si Roommate(RM), nyapa aku loh! Dia nawarin semacem brownies gitu. Dia beli banyak banget n' katanya terlalu manis, jadi nanya apa aku suka manis? Aku jawab aja suka sambil senyum2x(daripada jawab engga, karena sebenernya sih biasa aja cm bingung jawabnya). Trus cuma basa basi, aku nanya apa udah makan malem sama aku nawarin es mangga-ku yang yummy banget itu HoHoHo.

Sebelom bobo cuma didepan kompie sambil ngantuk2x chat ama si K. Wah ni orang kumat deh, kalo lagi ada keinginan aja kudu harus dan wajib secepatnya terpenuhi. Sampe puyeng aku ngeladeninnya padahal awal2 yang males pegi dia, sekarang yang ngebet pegi malah dia. Dan ternyata tiket untuk akhir taon susah bener ya! Bikin kepala tambah puyeng aja tapi moga2x besok udah jelas jadinya gimana...Jadi mending sekarang Bobox deh....

Updated : ternyata pasang brace disini harganya ampir sama kek beli 1 mobil (700rb-1.5jt¥), mampus aja!! mending diindo deh, kalo disini bisa bangkrut HoHoHo...kecuali gajiku dinaekin^^ tapi tetep sih ga worth it segitu.

2 comments:

  1. ya ampun nge, skarang giginya udah baik2 aja kan? atau masih sering cenut2? beberapa bulan yang lalu aku juga operasi gigi, dicabut dua biji trus dijahit. sakit sih, tapi abis itu hilang penderitaannya. gak perlu pusing sakit gigi lagi. nah itulah enaknya punya asuransi di negeri orang, semuanya tercover..hehehhe..

    get well soon yaaa...

    ReplyDelete
  2. Iya thx yach^^..sekarang sih masi ngga kenapa2x. mungkin karena pengaruh obat juga.

    Waktu udah dicabut susunan gigi yang lain jadi kendor ga rin? Aku pengen minta dia cabutin yang laen juga soalnya. Abis ada 1 yg tumbuhnya miring. Arghhh kenapa masi harus menunggu begitu lama yaaa.... *sob*

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...