Tuesday, July 8, 2008

Liburan di JPN

Rasanya udah ngga sabar pengen liburan, makanya aku jadi kepikiran buat nulis sedikit tentang hari-hari libur yang ada disini. Sebenernya kalo bandingin sama di Indo, dijepang bisa dibilang libur lebih banyak & jatuhnya pasti ngenakin(apa maksudnya pula?). Coba bayangin aja nich : dalam setaon hampir tiap bulan ada tanggalan merah-nya min sehari(kecuali bulan 6 dan 8, tahun ini loh ya). Kalau libur jatuhnya pas dihari minggu, ini biasanya dipindahin ke hari senin berikutnya sebagai libur pengganti dan untuk taun ini long weekend-nya jadi lumayan banyak loh & kadang-kadang hari sabtu juga dipindahin ke senin.

Nah untuk yang liburan agak panjang biasanya jatuh di pergantian tahun, awal bulan Mei & waktu musim panas. Biasanya akhir tahun libur dari tanggal 29 Dec sampai kira-kira seminggu. Beda dengan di Indo yang kalo tanggal 25 Dec pasti libur, disini ngga libur TAPI entah mengapa orang jepang selalu excited banget ama yang namanya Christmas. Sampai-sampai 2 bulan sebelumnya udah berhias diri(pohon, lampu, dll). Dan sudah jadi rahasia umum kalo Christmas eve adalah saat yang paling ditunggu-tunggu/bisa juga jadi saat-saat yang paling dibenci, karena jalanan isinya couple semua. Tapi kalau berharap pengen ngerayain White Christmas aku ngga saranin buat kesini, karena bisa dibilang untuk daerah Tokyo-Osaka dan sekitar baru turun salju sekitar bulan Januari. OK lanjutan tentang Christmas di JPN dilanjutkan lain kali lagi ya.

Libur panjang yang kedua yaitu Golden Week. Kenapa kog disebut GW, karena dalam seminggu ada 4 tanggal merah. Tapi untuk ini kita perlu berdoa keras supaya tiap tahun biar jatuhnya bagus karena sebenernya liburnya jatuh di tanggal 29April(昭和の日), 3-5Mei(みどりの日、憲法記念日、こどもの日). Arti dari hari-hari libur nya sbb : showa-no hi/Showa's day, Kenpou Kinenbi/Constitution Memorial Day, Midori-no hi/Greenery Day. Lucu kan liburnya, ngga kaya di Indo yang lebih banyak libur karena hari raya keagamaan/hari Nasional(kepahlawanan, dll). Nah diantara tanggal 29-3 kan ada jeda waktu yang kalo pas apes jatuhnya pas dihari kerja, terpaksa ngambil cuti buat memperpanjang libur. Contohnya kaya tahun ini yang bener-bener GW-nya nyesekin karena pendek banget. Mengapa begitu??? Coba buka kalender aja trus cek posisi tanggal yang udah aku sebut tadi.

Lanjut, libur berikutnya adalah liburan musim panas(nah ini yang lagi aku tunggu-tunggu). Untuk tahun ini adalah liburan musim panas kedua aku. Sebenernya Liburan musim panas bisa diambil dimana saja sekitar bulan 7-9(tergantung kebijakan kantor), karena bulan-bulan ini adalah the hottest-nya cuaca disini. Untuk perkantoran biasanya ngasih libur disekitar minggu kedua bulan Agustus. Dan itu biasanya dikasih 2hari libur plus 2/3hari cuti bersama, jadi totalnya 5 hari kerja libur atau seminggu full. Kenapa kog minggu kedua bulan Agustus, itu karena di tepat-in sama yang namanya perayaan Obon, walaupun dari yang aku cek sebenernya Obon tuh jatuhnya di bulan Juli, tapi sekarang lebih sering dirayain pas libur musim panas ini. Nah berarti bisa libur dong dibulan 8, berarti dalam setahun cuma 1 bulan aja yang ngga ada tanggal merahnya.

Aku paling seneng kalo libur kebetulan jatuh dihari minggu, karena pasti bakal ada 振替休日(Furikae kyuujitsu-libur pengganti) dihari senennya yang memperpanjang weekend dengan libur 3 hari dari sabtu-senin/三連休(sanrenkyuu). Atau kalo ngga jumat-minggu juga udah seneng kog. Untuk info lebih jelas tentang libur-libur di JPN bisa dicek kesini.

Oya, perkiraan liburan ini cuma perhitungan buat orang yang kerja yach. kalo buat mereka yang lagi sekolah, udah pasti lebih banyak lagi liburnya, terutama pas musim panas bisa sampe 1-2bulan sich. Tapi, kalau mau dibandingin dengan jaman kerja atau sekolah di Indo yang sistem liburnya ngga pasti & berbeda untuk tiap sekolah kadang bikin kesel setengah mati. Tapi kalao disini sebagian besar udah pasti jatahnya & ngga ada cuti bersama yang ngga jelas cuman gara-gara pemerintahnya lagi males aja.

2 comments:

  1. soal christmas, udah jadi icon kayaknya, di singapore juga gitu kan... kayak acara nasional... padahal sbnrnya org singapore sendiri gak banyak yang ngerayain christmas

    ReplyDelete
  2. Yup mereka cuma ketularan ama budaya western aja....
    kalo pernah baca 'perjalanan ke negri STAN'-nya agustinus wibowo di kompas, malah lebih lucu lagi.
    Orang asia tengah mayoritas beragama Islam, tapi mereka setiap menjelang christmas n new year mereka selalu pasang pohon natal....TAPI mereka ngga mau itu disebut pohon Natal, tapi POHON TAHUN BARU^^
    面白いだね(omoshiroi dane!-menarik bukan^^)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...